Mohon tunggu...
Widya Rainnisa Karlina
Widya Rainnisa Karlina Mohon Tunggu... Mari menulis dengan hati

Do your best

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Grab sebagai Super App yang Mampu Menjawab Tantangan dan Membantu Aktifitas Masyarakat di Era Globalisasi

5 Desember 2019   04:48 Diperbarui: 5 Desember 2019   04:55 0 0 0 Mohon Tunggu...
Grab sebagai Super App yang Mampu Menjawab Tantangan dan Membantu Aktifitas Masyarakat di Era Globalisasi
is-5de82987d541df53875b5d32.jpg

            Saat ini kita telah memasuki era dimana pemanfaatan berbagai peralatan canggih dan modern yang #SelaluBisa membantu dan mempermudah segala aktifitas sehari-hari sudah tidak dapat dihindari lagi, dalam kata lain kita telah memasuki era yang disebut globaliasi. Globalisasi merupakan suatu perkembangan signifikan yang mempengaruhi berbagai bidang dalam kehidupan manusia. Globalisasi juga dapat dikatakan sebagai suatu proses mendunia dimana jarak antara satu wilayah atau negara menjadi tidak terasa (borderless). Perkembangan ini membuat segalanya menjadi lebih mudah sehingga dapat menghilangkan hambatan-hambatan terhadap wilayah dan jarak. Seiring berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, manusia mulai banyak melakukan berbagai inovasi baru dalam segala bidang, utamanya teknologi dan komunikasi. Hingga pada akhirnya berhasil membuat sebuah karya yang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat terkait alat transportasi sekaligus komunikasi yang dikolaborasikan dengan kecanggihan teknologi informasi (TI) dengan hasil yang ideal dan memiliki pelayanan maksimal.  

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi selalu memberikan manfaat terhadap tumbuh kembangnya pemikiran-pemikiran baru, walaupun dalam pemanfaatannya bagaikan pedang bermata dua, namun setiap sisinya dapat memberikan dorongan dalam bentuk memikirkan pengembangan dan penanggulangan setiap kondisi kehidupan manusia. Salah satu terobosan yang berhasil mendapat apresiasi dan pengakuan dunia internasional khususnya di kawasan Asia Tenggara, yaitu lahirnya suatu aplikasi untuk mengakses transportasi berbasis virtual internet (online), yang kita kenal dengan nama Grab. Selain dapat dipergunakan untuk memesan moda transportasi sesuai kebutuhan secara mudah dan praktis, Grab juga memberi fasilitas istimewa, dimana antara pengemudi dan penumpang dapat saling berkomunikasi melalui daring (Grab Chat) untuk memperoleh kata sepakat sebelum melakukan penjemputan.

Grab merupakan sebuah nama perusahaan mobile terbesar di Asia Tenggara yang mampu memberi berbagai akses kemudahan dan pelayanan super dengan menghubungkan jutaan pelanggan, pengemudi, merchant, start up, agen, dan juga bisnis dengan tujuan menyediakan kesempatan berkembang dan mendapat penghasilan tambahan dan berlipat dari sebelumnya. Sebagai aplikasi yang memiliki salah satu fitur layanan favorit masyarakat yaitu Grab Bike dan Grab Food, pada mulanya Grab lahir dari sekelompok sahabat ambisius (dan juga optimis) asal Kuala Lumpur, Malaysia pada tahun 2012. Sebagai perusahaan yang tergolong muda, Grab nyatanya mampu bertransformasi menjadi Super App yang #SelaluBisa menjadi pilihan utama masyarakat karena telah dianggap mampu menyelamatkan dan memberi solusi terhadap permasalahan yang tergolong besar diberbagai negara anggota ASEAN, seperti ketimpangan pendapatan, infrastuktur, kemacetan, dan pengangguran.

Grab merupakan #AplikasiUntukSemua yang dalam kenyataannya tidak hanya menyediakan jasa transportasi. Dalam aplikasi Grab terdapat berbagai fitur terkait jenis layanan yang dapat mempermudah dan bermanfaat bagi para mitranya, seperti:

  • Grab Bike: Fitur layanan yang menyediakan jasa transportasi online dengan kendaraan berroda dua milik pribadi. Pengendara Grab Bike merupakan driver yang memiliki skill dan kompetensi mengemudi sesuai hukum nasional yang berlaku. Fitur ini biasa disebut dengan ojek online. Grab Bike sebagai alternatif utama bagi masyarakat yang membutuhkan transportasi umum dengan harga murah, tanpa macet, tanpa ribet, dan tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam pemesanannya.
  • Grab Car: Tidak jauh berbeda dengan Grab Bike, Grab Car merupakan salah satu fitur yang menyediakan jasa layanan transportasi berupa kendaraan roda empat milik pribadi dengan plat berwarna hitam, atau yang biasa kita sebut dengan taksi online. Dalam fitur ini, kita dapat menyesuaikan pesanan berdasarkan jumlah tempat duduk dalam mobil pengemudi, yaitu empat atau delapan tempat duduk. Dengan menggunakan layanan ini, pengguna dapat berpergian secara bersamaan, sehingga tidak heran jika Grab disebut sebagai #AplikasiUntukSemua yang dapat mengangkut banyak orang dalam sekali pesan.    
  • Grab Food: Sebagai salah satu fitur favorit seluruh pengguna, utamanya anak rantau dan orang-orang super sibuk. Grab Food merupakan pahlawan yang siap mengantarkan pesanan makanan dan minuman dari berbagai rumah makan. Mulai dari rumah makan terbesar hingga dari rumah-rumah kecil. Pesanan dapat dilakukan berdasarkan menu makanan yang terdapat dalam aplikasi dengan dilengkapi estimasi waktu dan harga yang harus dibayar. Fitur layanan ini membawa perubahan besar pada warung makanan dan pengusaha makanan kecil rumahan untuk lebih berani melebarkan sayap dan bersaing dengan rumah makan modern lainnya tanpa khawatir bangkrut atau sepi pengunjung.
  • Grab Delvery / Grab Express: Sebagai terobosan baru dalam fiturnya, Grab, menyediakan Grab Delivery untuk jasa pengiriman barang atau paket. Saat hendak melakukan pengiriman, pengguna dapat memilih moda transportasi pengiriman, yaitu dengan menggunakan Mobil (Maximal 150kg) atau kendaraan roda dua (Maximal 15kg) kemana saja sesuai keinginan tanpa khawatir adanya kerusakan atau kehilangan barang yang hendak dikirim. Dengan adanya fitur Grab Delivery ini, perkembangan UMKM dan online shop menjadi sangat pesat hingga mampu menggerakkan roda perekonomian keluarga bahkan di daerahnya.
  • Terdapat pula berbagai fitur layanan dalam Grab yang dapat memudahkan segala aktifitas, seperti Grab Videos yang dapat digunakan untuk menonton film secara gratis, Grab Ticket untuk melakukan pemesanan tiket film di bioskop atau pemesanan tiket event tertentu sesuai kota yang diinginkan, Grab Pulsa/Token, Grab Hotels, Grab Groceries, Grab Bills, Subsription, dan sebagainya.

            Dalam perkembangannya, Grab kini juga dilengkapi layanan finansial berbasis teknologi (fintech) untuk melakukan berbagai pembayaran secara tunai dan cashless dengan menggunakan e-money bernama OVO. Dengan menggunakan OVO para mitra tidak akan kerepotan ketika tidak membawa dompet atau tidak ada uang kembali. Selayaknya melakukan transaksi menggunakan kartu debit, saldo OVO akan berkurang saat para pihak pengguna Grab telah sepakat untuk melakukan jasa layanan aplikasi Grab.

Sebagai #AplikasiUntukSemua yang memiliki tampilan loveable dan sangat mudah diakses oleh siapa saja, maka tidak heran jika Grab merupakan aplikasi yang dimanfaatkan secara positif diberbagai kalangan usia. Saat menggunakan aplikasi Grab, para pemesan dan pengemudi dapat mengetahui berbagai informasi para pihak. Pengemudi/penyedia jasa layanan dapat mengetahui, diantaranya alamat tujuan pesanan, lokasi penjemputan (Point of Interest/PoI), melakukan pengisian saldo OVO, jenis jasa yang dipesan, dan sebagainya. Tidak jauh berbeda dengan penyedia jasa layanan, para pengguna juga dapat memperoleh berbagai kemudahan, seperti mengetahui idrntitas dan jenis kendaraan driver, data diri dan foto, hingga lokasi keberadaan pengendara dan estimasi waktu tempuh. Hal ini dikarenakan Grab merupakan aplikasi online berbais data yang memberikan jaminan keamanan dan perlindungan pada konsumen dan penyedia jasa layanan.

Sebagai pengguna aplikasi Grab dan pihak yang mengalami perkembangan di era globalisasi, penulis merasa bahwa dengan adanya perusahaan  dalam bidang transportasi dan layanan jasa dengan sentuhan teknologi, sangat merasa tertolong dan senang. Hal ini dikarenakan Grab, mampu menjadikan era globalisasi begitu bermakna dan terasa nyata bagi seluruh lapisan masyarakat. Grab #SelaluBisa mempermudah kegiatan sehari-hari, seperti Grab Bike sebagai sarana transportasi pergi ke kampus, Grab Food sebagai sarana untuk makan bersama keluarga dan kerabat, dan Grab Express sebagai jasa layanan pengantaran buku atau paket lainnya pada kerabat dan sanak saudara yang dilengkapi dengan berbagai promo dan potongan harga yang tentunya sangat membahagiakan. Tidak hanya manfaat untuk pribadi, dengan hadirnya Grab, pertumbuhan ekonomi lokal di wilayah tempat tinggal dan domisili penulis mengalami banyak perkembangan dan kemajuan. Grab secara tidak langsung dapat menjadikan orang berpikir kreatif untuk membuat suatu inovasi yang kekinian dalam bidang kerajianan atau makanan dengan modal usaha minim namun memiliki daya jual yang tinggi dan lebih efektif. Dengan adanya Grab, kepastian terkait keamanan dan keselamatan lebih terjamin. Hal ini dikarenakan para pengemudi Grab terbukti lebih menutamakan keselamatan dan ketertiban berkendara saat berlalu lintas di jalan raya.

Terlepas dari banyak manfaat yang didapatkan para mitra saat meggunakan Grab, dalam perkembangan lebih lanjut terkait era globalisasi dan kemajuan teknologi, Grab tidak hanya memiliki peluang untuk melebarkan sayap dan menyejahterakan rakyat. Disisi lain, Grab memiliki berbagai tantangan yang harus dihadapi, seperti bagaimana upaya agar tidak ada oknum yang melakukan penyalahgunaan aplikasi Grab dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki pelaku atas penguasaan teknologi informasi. Hal ini perlu mendapat pehatian khusus bagi Grab, agar tidak merugikan perusahaan dan para mitra.  Sehingga Grab tetap menjadi aplikasi kesayangan nomor satu yang selalu mendapat kepercayaan seluruh masyarakat diberbagai negara. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x