Mohon tunggu...
Widya Nur Oktaviany
Widya Nur Oktaviany Mohon Tunggu... mahasiswa UNiversitas Jember

mahasiswa universtas jember jursan ilmu sejarah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mahasiswa KKN UNEJ 66 Dampingi Guru dalam Pengenalan dan Penggunaan Platform Pembelajaran Online

9 Agustus 2020   13:57 Diperbarui: 9 Agustus 2020   14:16 16 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNEJ 66 Dampingi Guru dalam Pengenalan dan Penggunaan Platform Pembelajaran Online
Gambar 1. Persiapan penyampaian materi kelas ke-1 di SMP Negeri 1 Jenggawah

MAHASISWA KKN 66 UNEJ DAMPINGI GURU DALAM PENGENALAN DAN PENGGUNAAN PLATFORM PEMBELAJARAN ONLINE

 

Pada masa pandemi Covid-19 ini segala sesuatu yang biasa dikerjakan secara offline kini berubah menjadi online. Pemanfaatan teknologi yang ada saat ini semaksimal mungkin terus dipelajari dan digunakan. Hal itu dilakukan guna untuk menekan tingkat penyebaran virus Covid-19 yang makin meluas. Salah satu yang terdampak dalam hal ini ialah pada lembaga pendidikan yang harus melakukan kegiatan belajar mengajar secara online atau daring. 

Setiap ketetapan yang dilakukan selalu memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu dampaknya ialah menuntut para siswa dan guru untuk lebih mempelajari teknologi yang akan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, serta mempersiapkan jaringan atau koneksi internet yang mendukung. 

Beberapa dampak juga terlihat pada guru yang kurang siap untuk menghadapi kegiatan belajar mengajar secara online saat ini. Dengan keadaan seperti ini, guru dituntut untuk mempelajari teknologi yang dapat mempermudah mereka melakukan kegiatan belajar mengajar daring.

Penulis melakukan diskusi bersama bapak Taufik sebagai sasaran dan juga salah satu guru IPS SMP Negeri 1 Jenggawah membahas tentang pelatihan platform online yang akan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar daring. Menjelaskan platform online seperti quipper, google form, google meet, google drive, zoom, dan google class room. 

Menurut beliau platform itu yang dibutuhkan oleh guru saat ini untuk melakukan kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif dan inovatif meskipun dilaksanakan secara daring. 

Platform yang sekiranya dapat mempermudah proses belajar mengajar antara guru dan murid pada saat keadaan seperti ini, tapi tetap mendapatkan materi sebagaimana mestinya dan juga protokol kesehatan tetap dilaksanakan. 

Menurut bapak Taufik, pengenalan dan pendampingan yang dilakukan ini sudah sangat bermanfaat bagi guru yang masih baru belajar mengenai beberapa platform pembelajaran online dan akan berguna untuk kegiatan berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang. Beberapa platform yang digunakan juga dianggap baru oleh para guru, karena platform ini jarang digunakan atau bahkan tidak pernah digunakan oleh para guru sebelumnya. 

Menggunakan platform untuk kegiatan belajar mengajar secara daring pada saat ini sangat diperlukan bagi guru, karena penggunaan beberapa platform untuk kegiatan ini sangat membantu guru. Mempermudah melakukan kegiatan belajar secara daring ini dapat membuat kita semua tersadar akan kemajuan teknologi pada saat ini.

Mempersiapkan materi yang akan disampaikan pada forum pelatihan di SMP Negeri 1 Jenggawah. Forum pertama diskusi pendampingan penggunaan platform online untuk pengajaran yang dilaksanakan pada selasa 14 Juli 2020 bersama guru IPS SMP Negeri 1 Jenggawah ini berlangsung secara offline dengan tetap mematuhi protokol seperti menggunakan masker, melakukan physical distancing, dan menggunakan handsanitizer guna untuk mengurangi resiko penyebaran covid-19. Penulis mempersiapkan forum dengan membuat undangan berbentuk poster yang nantinya akan disebarkan kepada guru SMP Negeri 1 Jenggawah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN