Mohon tunggu...
Widoko
Widoko Mohon Tunggu... Guru - Menyukai semua hal yang inspiratif

Pernah menimba ilmu di Yangzhou University, China

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Generasi Milenial, Budaya Viral, dan Cita Rasa Digital

21 Februari 2021   06:49 Diperbarui: 21 Februari 2021   07:12 776
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Memfoto Makanan (Sumber: kompas.com)

Pada suatu hari saya dan keluarga makan malam di rumah. Ada banyak makanan yang telah kami beli dan kami dapatkan sebelumnya sudah disiapkan dan ditata. Sejurus kemudian saya berniat memulai makan dan ingin mengambil salah satunya. Tiba-tiba istri saya berteriak. Eits tunggu dulu...: Cekrek! Cekrek! Cekrek!

Foto itupun kemudian diupload di status WhatsApp. Caption: makan boleh sederhana, yang penting kebersamaannya.

Beberapa temannya pun bereaksi dan mengomentari. Rona puas dan gembira memancar dari wajah istri saya. Tidak satu dua kali hal-hal seperti itu terjadi. Bahkan boleh dibilang tak terhitung. Bisa di rumah, di gerai makanan cepat saji, tempat makan tradisional, dan di tempat-tempat lainnya.

Alasan Pesan Makanan On Line (Sumber: pohontomat.com)
Alasan Pesan Makanan On Line (Sumber: pohontomat.com)

Kebiasaan yang lainnya adalah beli makanan online. Salah satu favoritnya adalah Ayam R**** (salah satu nama belakang seleberitis tanah air). Entah dari mana ia mendapat rekomendasi. Tetapi sepertinya ia suka sekali, dan memesan kembali berulang-ulang kali.

Dilihat dari tampilannya Ayam R**** ini memang agak menjanjikan. Ayam goreng dalam bentuk potongan-potongan dan dibalut dengan adonan berwarna kecoklatan tua. Di atasnya masih ditaburi dengan wijen kecil-kecil keputihan. Untuk kebutuhan status di media sosial, memang sepertinya Ayam R**** ini memang sangat bagus.

Lalu saya pun mencobanya. Argh...

Bagi saya sungguh tak sebagus penampakannya. Perpaduan rasa dan bumbunya sungguh tidak spesial. Hanya dominan rasa-rasa bumbu cepat saji. Kalau di suruh memilih, jelas saya lebih memilih masakan padang, atau soto lamongan. Tetapi karena saat itu tidak ada menu lain terpaksa saya makan juga, meski setelahnya perut saya menderita.

Tetapi reaksi berbeda ditunjukkan oleh istri dan anak saya. Mereka berdua tetap melahap dengan berseleranya. Enak, mantab, kira-kira begitu gumam keduanya. Dan setelah hari itu istri saya tetap memesan lagi.

Selain makanan on line, kesukaan lainnya adalah membeli minuman yang sedang viral. Semacam es b****, es k*** m***, teh p*** dan masih banyak lagi. Minuman-minuman yang booming dan bagus jika difoto dan dibuat status. Tetapi bagi saya tetap lebih suka jahe, dawet, es campur, bubur kacang hijau dan makanan tradisional lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun