Mohon tunggu...
Widz Stoops
Widz Stoops Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Animal Lover

Smile! It increases your face value.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Cara Efektif Membersihkan Rumah Secara Menyeluruh ala Nenekku

7 Juni 2021   03:32 Diperbarui: 8 Juni 2021   21:02 697 78 29 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Efektif Membersihkan Rumah Secara Menyeluruh ala Nenekku
Sumber : unsplash.com/@glistenpro

Membersihkan rumah adalah hal yang paling tidak saya sukai. Ironisnya, saya suka rumah yang bersih. Adakah pembaca di sini  merasakan hal yang sama?

Membersihkan rumah memang gampang-gampang susah. Ada kalanya kita bingung, bersihkan dapur atau kamar tidur atau ruang tamu dulu? Lap-lap dulu atau menyapu dulu? Ada yang pernah mengalami dilema seperti ini?

Dalam hal membersihkan rumah, dulu almarhum nenekku selalu  berbagi tugas kepada kami, cucu-cucunya.

Beliau pernah mengatakan kalau rumah harus dibersihkan secara keseluruhan dengan teratur. Setidaknya seminggu sekali. Tidak hanya satu ruangan saja, tapi  seluruh ruangan yang ada di dalam rumah harus dibersihkan pada waktu yang bersamaan.

Karenanya  beliau menganjurkan untuk melakukan satu jenis kegiatan yang sama dalam waktu yang bersamaan pula. Maksudnya, apabila kita melakukan kegiatan membersihkan debu atau melap-lap maka kita harus melakukannya untuk seisi rumah, jangan hanya membersihkan satu ruangan saja.

Untuk itu pembagian tugas sangat penting.  Contoh, si A membersihkan debu atau melap di kamar tidur, pada saat yang bersamaan si B melakukan hal yang sama di ruang tamu dan seterusnya.  

Berikut tips yang diberikan nenek kepada kami :

1. Kumpulkan alat-alat pembersih yang kita perlukan.
Mengumpulkan semua alat yang diperlukan sebelum kita mulai membersihkan rumah sangat membantu dalam penghematan waktu. Hingga pada saat bekerja  kita tidak perlu lagi mencari-cari alat yang ingin kita gunakan

2. Merapihkan semua yang berantakan.
Sebelum memulai kegiatan bersih-bersih, rapihkan dulu semua yang berantakan, seperti mainan, majalah, alat-alat dapur dan lain-lain. Pastikan semua ada pada tempatnya.

3. Membersihkan debu.
Pastikan kipas angin dalam keadaan mati, sebelum melakukan kegiatan ini. Bersihkan setiap permukaan, entah itu meja, rak-rak, jendela, biingkai foto, layar TV, komputer dan lain-lain. Kita dapat menggunakan kemoceng atau lap dari kain bersih.

Untuk tempat yang sulit dijangkau, bungkus ujung sapu dengan kain bersih kering atau ikat kemoceng pada ujung sapu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x