Mohon tunggu...
Widi Kurniawan
Widi Kurniawan Mohon Tunggu... Human Resources - Pegawai

Pengguna angkutan umum yang baik dan benar | Best in Citizen Journalism Kompasiana Award 2022

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Demo Perangkat Desa Bikin Macet dan Merugikan Masyarakat, Tak Adakah Solusi Lain?

25 Januari 2023   15:08 Diperbarui: 25 Januari 2023   17:33 367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) menggelar aksi demonstrasi di kawasan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023). Foto: Kompas.com/Zintan Prihatini

Demo besar kembali terjadi di depan Gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 25 Januari 2023 pagi. Massa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) berunjuk rasa di menuntut terkait kejelasan status kepegawaian perangkat desa.

Aksi hari ini tuntutannya masih senafas dengan aksi demo pekan lalu oleh para kepala desa dan perangkat desa dari berbagai penjuru daerah. Tujuan utama aksi tersebut adalah menuntut agar pemerintah merevisi Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 serta menuntut penambahan masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun dalam satu periode.

Terlepas dari tuntutan massa pendemo, aksi tersebut berimbas pada kemacetan lalu lintas yang sangat luar biasa. Polisi menutup lalu lintas dari arah Semanggi ke DPR RI karena massa memenuhi Jalan Gatot Subroto. Tumpek blek...

Polisi berjaga di jalan yang dilalui pendemo (sumber: TMC Polda Metro)
Polisi berjaga di jalan yang dilalui pendemo (sumber: TMC Polda Metro)

Melalui akun twitter @TMCPoldaMetro, Polisi menginformasikan pemberlakuan alih arus agar kendaraan bermotor menghindari kemacetan di Jalan Gatot Subroto.

Keruan saja hal ini merugikan masyarakat umum yang melakukan aktivitas sejak pagi hari. Terutama bagi mereka yang berangkat kerja dan biasa melintasi Jalan Gatot Subroto.

Beberapa rekan kerja saya yang biasanya datang tepat waktu sebelum jam 08.00 pagi, hari ini terpaksa datang terlambat. Ada yang jam 9 baru muncul, bahkan ada yang jam 10 baru tiba di tempat kerja dengan muka kusut.

"Maceet banget parah! Demo bikin susah kita juga cari makan," keluh seorang rekan yang biasa naik bus transjabodetabek dari Bekasi.

Ya, tak hanya yang naik bus, mereka yang naik kendaraan pribadi pun ikut terimbas oleh berkumpulnya massa di depan Gedung DPR RI. Tak hanya para pencari nafkah untuk keluarga, anak-anak sekolah pun pasti terdampak macetnya lalu lintas.

Demo Jadi Solusi Terbaik?

Penyampaian pendapat melalui unjuk rasa atau demonstrasi memang sah-sah saja jika sudah mengantongi izin dari pihak berwenang dan tidak menimbulkan aksi anarkis. Demo selama ini dianggap menjadi jalan terbaik agar suara atau tuntutannya bisa didengar pemangku kepentingan dan bergema di ruang publik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun