Mohon tunggu...
Widi Admojo
Widi Admojo Mohon Tunggu... Guru - Widiadmojo adalah seorang guru, tinggal di Kebumen

sedikit berbagi semoga berarti

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Kasus Novel Baswedan dan Tuduhan Rekayasa

11 November 2019   01:05 Diperbarui: 11 November 2019   07:49 443
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Agar menjadi lebih terang dan terjawab secara signifikan kebenarannya, maka kasus ini memang harus diuji secara serius terutama oleh pihak-pihak berwenang. Apalagi kasus rekayasa ini bukanlah sekedar pernyataan biasa di media massa dan media sosial, akan tetapi sudah menjadi laporan hukum.

Rekayasa sebuah periswita memang sangat mungkin saja terjadi. Tetapi pembuktian akan sebuah rekayasa menjadi lebih penting agar isu rekayasa itu menjadi pernyataan yang didukung fakta dan data. 

Berhenti hanya pada saling lempar pernyataan maka sangat sulit bagi publik untuk memilih opini mana yang paling relevan dan paling nyata.

Berlarut-larutnya kasus pengusutan terhadap kasus yang menimpa Novel Baswedan, tentunya inipun berkontribusi menciptakan berbagai spekulasi -- spekulasi di masyarakat. Termasuk spekulasi adanya sudut pandang yang mencurigai ini adalah sebuah kasus yang jangan-jangan direkayasa. 

Oleh karena itu mestinya menjadi harapan kita semua agar kasus ini secara cepat dapat terbuka dan dibuka secara transparan, tertangkap pelakunya, diketahui apa motivasinya.  

Sehingga munculnya spekulasi-spekulasi yang bisa saja tidak sesuai dengan kenyataannya menjadi dapat terkendali dengan baik. Atau barangkali lambatnya penanganan terhadap kasus ini juga menjadi bagian penting yang memunculkan isu rekayasa atau memunculkan kecurigaan adanya rekayasa.

Seperti apakah sesungguhnya. Barangkali kita akan menunggu beberapa waktu kemudian, setelah laporan adanya tuduhan rekayasa peristiwa Novel Baswedan ini tergelar secara terbuka. 

Tentu menjadi harapan kita semua agar publik tidak dibiungungkan dengan aneka pernyataan dan sikap yang simpang siur.

Semoga kepastian hukum tentang Novel Baswedan menjadi segaera memasuki babak baru. Kita tunggu dengan sabar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun