Mohon tunggu...
Widi Nurjaman
Widi Nurjaman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI Kampus Cibiru

Menyampaikan Informasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Pemanfaatan Media Pembelajaran di Masa Pademi Covid-19

27 Juli 2021   22:47 Diperbarui: 27 Juli 2021   23:05 51 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Pemanfaatan Media Pembelajaran di Masa Pademi Covid-19
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran mahasiswa sebagai pembelajar dan juga bagian dari masyarakat tentunya memiliki beban yang sangat berat dan rumit. Amanah yang diemban oleh mahasiswa begitu berat dan memiliki peran yang besar untuk mewujudkan perubahan bangsa. Idealnya, mahasiswa menjadi panutan bagi masyarakat dengan berlandaskan pengetahuan yang dimilikinya, dengan pola berpikirnya, dan aksi nyata yang diberikan mahasiswa untuk masyarakat. Hal ini sejalan dengan tridharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian.

 Meskipun dengan kondisi pademi covid-19 ini melanda, Universitas Pendidikan Indonesia tetap melaksanakan program pengabdian untuk masyarakat yang akan dijalankan oleh mahasiswanya. Program ini dinamakan KKN atau Kuliah Kerja Nyata, yang mana KKN dimasa pademi covid-19 ini memiliki tema KKN Tematik MBPE-MBKM Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Mengajar pada Masa Pademi Covid-19. KKN Tematik MBPE-MBKM ini dilaksanakan secara daring. Hal ini dilakukan untuk memutuskan rantai penularan virus covid-19. Program KKN kali ini bertujuan membangun desa dimasa pademi covid-19 melalui pendidikan dan UMKM. Sekarang saya bergerak di bidang pendidikan, yang dimana dalam bidang pendidikan bertujuan membantu siswa dalam proses pembelajaran, membatu guru dalam membimbing siswa selama pademi, dan membantu guru dalam administrasi di sekolah.

Program KKN Tematik MBPE-MBKM Covid-19 UPI ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai dengan 30 Juli 2021. Meski dilakukan secara daring, para peserta KKN tetap bisa memaksimalkan dalam mengabdi pada masyarakat. Dalam program KKN Tematik MBPE-MBKM ini pada bidang pendidikan merupakan suatu program yang dipilih, karena basis saya di pendidikan. Saya KKN di SDN Permata Biru dan Kepala sekolah juga guru guru yang ada disana sangat senang dengan kedatangan mahasiswa KKN Tematik MBPE-MBKM. Disana saya membantu guru kelas 2B dalam pembelajaran dalam pembuatan media pembelajaran seperti video atau media lainnya. Karena disana media pembelajarannya harus disesuikan dengan kondisi siswa. Tidak semua siswa memiliki hp atau fasilitas yang baik. Jadi disini saya dan guru menyesuaikan dengan keadaan siswa supaya semua bisa mengikuti pembelajaran. dan alhamdulilah tidak ada keluhan dari orang tua siswa. Dan disini saya berpikir bagaimana cara membuat media sederhana tapi menarik siswa untuk belajar. Jadi melakukan inovasi tapi tidak menyulitkan siswanya dalam menjalankan atau mencari fasilitasnya.

Kegiatan KKN Tematik MBPE-MBKM ini tentunya sangat bermanfaat bagi sekolah. Begitu juga diungkapkan oleh Anin bahwa "Kita sebagai mahasiswa apalagi berasal dari jurusan PGSD harus memiliki berbagai macam inovasi dalam proses pembelajaran. Agar anak dapat termotivasi untuk belajar lebih giat. Dan anak tertarik untuk belajar. Ini semua kami lakukan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas, berkompeten, dan mampu bersaing di masa depan. Dan jadilah pendidikan yang tidak memberatkan ke pihak luar, jadilah pendidik yang bisa berinovasi dalam kondisi apapun" ungkap Anin. Sedikit banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa UPI ini, semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat baik dari bidang pendidikan maupun bidang yang lainnya.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN