Vie Marte
Vie Marte Guru

Hakikat hidup itu untuk memberi manfaat dan setidaknya menghasilkan karya walau sedikit.

Selanjutnya

Tutup

Atletik

Acara Mandiri Jogja Marathon 2019 Sumbang Banyak Faedah

11 Mei 2019   19:19 Diperbarui: 11 Mei 2019   19:25 96 7 1
Acara Mandiri Jogja Marathon 2019 Sumbang Banyak Faedah
sumber : mandirimarathon.com

Apa yang terlintas dibenakmu saat mendengar kata marathon?

Sebagian mengatakan olahraga kelas bawah, karena tak perlu mengeluarkan serogoh harta demi seperangkat perlengkapan yang menunjang olahraga tersebut beda halnya Badminton, Golf dan kawan-kawan. Ada pula yang mengatakan olahraga orang yang miskin skill karna tak perlu teknik khusus yang benar-benar diperlukan untuk melakukan olahraga ini. 

Yah.. bisa dibilang cukup bawa badan aja dan lari maka kamu sudah bisa jadi seorang atlit marathon. Ada benarnya juga si pendapat-pendapat itu, tapi... apa iya sih marathon  semembosankan itu?

Faktanya di tahun 2019 ini terbalik hampir 180 derajat. Kenapa? Berkat MandiriJogjaMarathon2019 . Kok bisa?

Ya bisalah. Berkat ide-ide kreatif yang kekinian pihak panitia MandiriJogjaMarathon2019 yang berhasil mengemas dan mengembangkan kegiatan marathon menjadi olahraga kekinian yang bahkan bisa menjadi lifestyle manusia abad milenial. Tentunya tak menutup kemungkinan memunculkan komunitas-komunitas pecinta marathon di berbagai daerah di Indonesia.

 Memangnya apa sih MandiriJogjaMarathon2019 ? MandiriJogjaMarathon2019 adalah sebuah perlombaan olahraga marathon yang diadakan oleh Mandiri dengan mengambil pendekatan budaya dan alam di sekitar Yogyakarta dalam rangka pengenalan budaya dan wisata yang ada di Yogyakarta dengan cara yang menyenangkan dan menyehatkan yang pelaksanaannya jatuh pada hari Minggu, tanggal 28 April 2019 kemarin. Untuk kategori marathon yaitu Full Marathon, Half Marathon, 10K, dan 5K.

Mandiri sendiri telah mengadakan acara marathon tahunan ini secara rutin. Pertama pada tahun 2013 di Jakarta dan tahun 2017 merupakan tahun pertama di Yogyakarta. Acara tersebut sukses terselenggarakan dari tahun ke tahun sehingga pada perkembangannya mengalami peningkatan minat dan jumlah peserta di tahun berikutnya. 

Tidak heran jika antusiasme masyarakat baik lokal maupun asing besar terhadap acara tahunan ini. Bahkan MarathonJogjaMandiri2019 yaitu MandiriJogjaMarathon tahun ke-3 sukses menyelenggarakan acara ini dengan total peserta 7.500 pelari dari berbagai daerah di Indonesia hingga peserta manca negara. Ada sekitar 121 peserta dari 11 negara ikut andil memeriahkan acara ini.

Bagi sebagian orang yang belum tahu mungkin akan terheran-heran dengan kesuksesan acara ini. Tapi bagi sebagian yang mengetahui dan bahkan telah berpartisipasi dalam acara ini tidak akan meragukan kemeriahan dan kesuksesan MandiriJogjaMarathon2019 ini. 

Berikut faedah dari MandiriJogjaMarathon2019 yang menjadikannya sebagai ajang marathon termewah dan menjadi rekomendasi acara rutin tahunan di Indonesia bukan hanya di Yogyakarta tapi bisa dilakukan di seluruh daerah Indonesia:

1. Pengiklanan Pariwisata yang Efektif

Dengan rute lomba yang mengelilingi beberapa daerah wisata, itu sama artinya secara tidak langsung mengiklankan atau mengenalkan beberapa wisata di Indonesia. Animo peserta yang berasal dari masyarakat Indonesia dari berbagai daerah sampai manca negara diharapkan mampu menggait lebih banyak lagi turis lokal dan asing. Memberikan mereka gambaran baru bahwa ternyata masih banyak wisata di Indonesia yang menarik untuk dijelajahi dan dinikmati keindahanya. Sehingga memberi gairah untuk mencari lebih banyak lagi keindahan dan kekayaan wisata di Indonesia.

2. Mengenalkan Budaya Unik  Indonesia

Seperti yang kita tahu, beda daerah beda pula budayanya. Setiap daerah tentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Sementara jaman milenial ini lebih banyak terkesan budaya yang mencuat di media. Jadi yang diketahui hanya budaya yang  itu-itu saja. Padahal di Indonesia ini tercecer budaya dari Sabang sampai Merauke. Satu pulau saja kita bisa ada lebih dari 3 budaya. Dengan adanya acara seperti MandiriJogjaMarathon2019 ini mengenalkan budaya bisa berlangsung baik antar peserta maupun pengenalan budaya pada daerah yang menjadi lokasi berlangsungnya lomba yang disisipkan selama perlombaan berlangsung. Dengan mengenal budaya maka akan tercipta rasa cinta budaya dan rasa ingin menjaga budaya tersebut. Memang betul pepatah "Tak kenal maka tak sayang".

3. Mempererat Persatuan Bangsa

Seperti yang telah diketahui bahwa ada ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia, berkumpul menjadi satu dalam satu acara MandiriJogjaMarathon2019 . Hal tersebut tentu menjadi ajang silahturahmi antar daerah.

4. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sekitar

Dengan menyisipkan pengenalan wisata dan budaya pada acara MandiriJogjaMarathon2019 diharapkan mampu meingkatkan sektor pariwisata di daerah Yogyakarta bukan hanya menikmati keindahan wisatanya saja tetapi juga wisata kuliner dan hasil kerajinan warga setempat. Sehingga mampu merangkul usaha yang ada di daerah tersebut. Jika usaha masyarakat setempat berkembang maka akan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

5. Memupuk Budaya Hidup Sehat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2