Achmad Suwefi
Achmad Suwefi karyawan swasta

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola highlight

Bungkam Argentina, Inggris Akhiri Puasa 20 Tahun Tidak Pernah Menang

20 Mei 2017   22:37 Diperbarui: 20 Mei 2017   22:47 334 11 5
Bungkam Argentina, Inggris Akhiri Puasa 20 Tahun Tidak Pernah Menang
Aksi pemain Inggris saat mengalahkan Argentina/sumber foto: FIFA.com

Bicara Inggris,tentu semua akan mengatakan kompetisi Liga Primer mereka sebagai kompetisi paling ketat dikolong langit.Selain itu,Inggris pun dikenal sebagai asal muasal sepakbola berasal walau dalam urusan gelar Piala Dunia masih kalah jauh dari Brazil,baru merengkuh satu gelar juara di Piala Dunia 1966.

Selain soal Liga Primer dan Piala Dunia,ternyata Inggris memiliki sebuah catatan yang tidak mengenakkan soal Timnas U20 mereka dalam gelaran Piala Dunia U20 yang dulu dikenal dengan nama Piala Dunia Yunior.Apa itu?Ternyata Singa Muda,julukan Timnas Inggris sudah puasa kemenangan selama 20 tahun.

Piala Dunia U20 1997 di Malaysia menjadi ajang terakhir kalinya Inggris meraih kemenangan.Difase grup,Jamie Carragher dkk sukses memenangkan tiga laga fase grup namun apa daya, Argentina yang menjadi jawara kala itu menghentikan laju mereka dibabak 16 besar dengan skor 2-1 lewat gol Riquelme dan Pablo Aimar.

Inggris kemudian lolos dilima edisi Piala Dunia U20 yakni 1999,2003,2009,2011 dan 2013. Namun apa daya dari total 16 laga yang dilakoni selama putaran final tidak satupun meraih kemenanga,Inggris hanya mampu mengoleksi tujuh hasil imbang dan sembilan kali menelan kekalahan dengan memasukkan 4 gol dan kemasukan 17 gol, Menyedihkan!

Tidak ingin terus menerus terpuruk dan selalu kalah,Inggris yang lolos ke Piala Dunia U20 di Korea Selatan (20 Mei 11 Juni) pun melakukan persiapan serius.Pelatih kepala,Paul Simpson pun memanggil pemain muda terbaik dari kompetisi Negeri Elizabeth seperti duo Liverpool, Sheyi Ojo dan Ovie Ejaria striker Chelsea yang dipinjamkan ke Vitesse (Belanda), Dominic Solanke.

Hasilnya,Solanke dkk mampu melewati hadangan Argentina dengan kemenangan meyakinkan 3-0 dalam laga yang digelar distadion Jeonju (20/5).Tiga gol kemenangan Inggris disumbangkan Calvert Lewin, Armstrong serta pinalti dari Solanke sedangkan Argentina harus kehilangan satu pemainnya karena kartu merah.Kemenangan yang bukan saja mengakhiri puasa kemenangan selama 20 tahun tetapi juga pembalasan setimpal atas Argentina.yang memutus kemenangan beruntun di Malaysia 1997.

Kemenangan atas Argentia membawa Inggris untuk sementara memimpin grup A bersama tuan rumah,Korea Selatan yang juga menang 3-0 atas wakil Afrika,Guinea.Dua laga sisa kontra Guinea dan Korea Selatan menjadi kesempatan anak asuh Paul Simpson untuk menunjukkan bahwa layak menjadi kandidat juara Piala Dunia U20 2017.