Mohon tunggu...
Mas Webe
Mas Webe Mohon Tunggu... Penulis - yesterday afternoon writer, working for my country, a reader, any views of my kompasiana are personal

"There is so much weariness and disappointment in travel that people have to open up – in railway trains, over a fire, on the decks of steamers, and in the palm courts of hotels on a rainy day. They have to pass the time somehow, and they can pass it only with themselves. Like the characters in Chekhov they have no reserves – you learn the most intimate secrets. You get an impression of a world peopled by eccentrics, of odd professions, almost incredible stupidities, and, to balance them, amazing endurances." — Graham Greene, The Lawless Roads (1939)

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jika Prabowo Subianto Capres 2024, Siapa yang Menghentikannya?

14 Januari 2022   22:58 Diperbarui: 14 Januari 2022   23:28 392 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Momen SBY bertemu Prabowo di Universitas Pertahanan, Rabu (12/1/2022).  (Tribunnews.com)

Jika Anda adalah pendukung setia Presiden Joko Widodo dan sekutunya, Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama, berikut adalah peringatannya:

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam acara pemberian gelar profesor kehormatan kepada Dr Terawan dalam Ilmu Pertahanan Bidang Kedokteran Militer Fakultas Kedokteran Militer Universitas Pertahanan, Rabu (12/1/2022).

Diberitakan Kompas TV, Prabowo dan SBY tampak bertemu dalam acara penganugerahan gelar profesor kehormatan bagi Terawan di Universitas Pertahanan, Rabu. Dalam video yang ditayangkan akun YouTube Kompas TV, Prabowo dan SBY tampak bertegur sapa dan berjabat tangan di sela-sela acara tersebut. SBY juga terlihat sempat berbincang singkat dengan Prabowo.

Bahkan di media sosial beredar, pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi perbincangan hangat di dunia politik Tanah Air. Terbaru, ada foto Prabowo dan SBY saling hormat.

Kita semua tahu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Prabowo Subianto punya sejarah hubungan yang panjang sejak masih sama-sama aktif di militer hingga berkecimpung di ranah politik. SBY bahkan disebut-sebut selalu memilih Prabowo pada Pilpres 2014 dan 2019. 

Namun sebaliknya, Prabowo sama sekali belum pernah memilih SBY di pemilu-pemilu sebelumnya. Pada Pilpres 2019, Partai Demokrat pimpinan SBY bergabung dengan Koalisi Adil-Makmur yang mengusung pasangan capres nomor 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. 

Hal ini disampaikan SBY usai melakukan pertemuan tertutup secara empat mata dengan Prabowo. "Kami datang dengan satu pengertian, Pak Prabowo adalah calon presiden kita," kata SBY dalam jumpa pers di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran, Jakarta, Senin 30 Juli 2018.

Namun, setelah pesta demokrasi usai dan KPU menyatakan kemenangan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, hubungan antara dua partai politik ini mulai terusik.

Pertemuan antara putra SBY sekaligus Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dengan Jokowi di Istana Bogor pada 22 Mei 2019 kian memanaskan spekulasi. Belum lagi perang cuitan dari elite Demokrat maupun Gerindra yang semakin membikin suasana gaduh. Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, mengatakan pendukung 02 kerap menuding SBY dan partainya tidak serius dalam memberikan dukungan kepada Prabowo-Sandi. Jansen membantah tegas tudingan tersebut. Ia mengungkapkan SBY selalu memilih Prabowo dalam dua gelaran pilpres terakhir, begitu pula Ani Yudhoyono. Namun, kata Jansen, Prabowo sama sekali belum pernah mendukung SBY di pemilu-pemilu sebelumnya.

Pertemuan antara putra SBY sekaligus Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dengan Jokowi di Istana Bogor pada 22 Mei 2019 kian memanaskan spekulasi. Belum lagi perang cuitan dari elite Demokrat maupun Gerindra yang semakin membikin suasana gaduh. Pada 3 Juni 2019 atau sehari setelah pemakaman Ani Yudhoyono, Prabowo Subianto berkunjung ke kediaman SBY di Puri Cikeas, Bogor. Dalam pernyataannya usai itu, pendiri Partai Gerindra ini mengungkapkan bahwa Ani memilih dirinya di Pilpres 2014 dan 2019. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan