Mohon tunggu...
Wayan Subadre
Wayan Subadre Mohon Tunggu... PNS -

Guru Matematika SMP Negeri 3 Tanjung Email : wyn_sbdr@yahoo.com atau wyn_sbdr@smpn3tanjung.sch.id Website : www.wayansubadre.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penggunaan Fitur Pada Geogebra Untuk Pembelajaran Matematika (Jurnal Kegiatan Diklat Online)

14 September 2013   03:50 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:55 853
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Geogebra merupakan salah satu software bantu yang cukup lengkap untuk digunakan dalam mendesain media pembelajaran berbasis TIK, khususnya dalam pembelajaran matematika. Dalam pemanfaatannya, Geogebra dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam membuat dokumen terkait dengan pembelajaran matematika. Misalnya untuk penyiapan bahan ajar, bahan presentasi, membuat media pembelajaran, bahkan dapat digunakan sebagai media eksplorasi solusi matematika. Fasilitas yang sangat menarik bagi saya adalah gambar yang dihasilkan dapat disalin ke aplikasi lain misalnya ke aplikasi Ms. Word dan Ms. Powerpoint sehingga dapat memberi hasil yang maksimal dalam membuat media pembelajaran.

Meskipun diklat yang diadakan oleh PPPPTK secara online, saya masih bisa berdiskusi dengan kelompok yang telah dibentuk dalam mempelajari materi Geogebra. Adapun mekanisme dan hasil yang telah saya dapatkan dalam diskusi kelompok ini, yaitu:

1.Masing-masing kelompok beranggotakan rata-rata 9 orang.

2.Anggota pada tiap-tiap kelompok berasal dari guru pada jenjang pendidikan yang sama.

3.Tugas kelompok yang diberikan adalah membuat pemodelan dari lintasan Angry Bird yang menembak Bad Piggies menggunakan fitur yang ada di Geogebra.

4.Dalam diskusi kelompok tersebut, banyak masukan dari anggota kelompok yang bisa saya gunakan sebagai acuan untuk membuat Tutorial Geogebra (Lintasan Angry Bird). Tutorial hasil diskusi kelompok saya bisa didownload disini.

Kegunaan Geogebra yang sangat membantu saya dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi geometri dan bentuk aljabar. Semangat saya mempelajari Geogebra cukup besar sehingga nantinya aplikasi ini bisa saya gunakan dalam mengeksplorasi materi pelajaran di kelas. Dan saya berharap, dengan adanya aplikasi Geogebra yang memiliki fitur yang sangat bagus ini saya mampu membuat media pembelajaran matematika.

Berikut ini beberapa screenshoot hasil aktivitas yang saya buat dalam mengikuti diklat online P4TK Matematika yang saya ikuti:




Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun