Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Cara "Nyeleneh" Rizki Berjualan Roti Bakar di Jogja, Ada Wika Salim hingga Anya Geraldine

8 Oktober 2019   17:00 Diperbarui: 8 Oktober 2019   17:09 247 4 2 Mohon Tunggu...
Cara "Nyeleneh" Rizki Berjualan Roti Bakar di Jogja, Ada Wika Salim hingga Anya Geraldine
Rizki dan roti bakar | dokpri

Beberapa waktu lalu ramai di jagat media sosial tentang sebuah kafe di Jakarta yang melayani pemesanan makanan dengan cara tidak biasa melalui Go-Food. Kafe itu memberikan deskripsi yang aneh untuk menu-menunya di aplikasi pemesanan daring. 

Misalnya, Ommelete Curry Rice, diberi deskripsi "Rich Brian aja belom pernah makan di sini, luar biasa". Ada juga menu Sandwich dengan deskripsi "Aheng ngefans didi kempot jir" dan lain sebagainya.

Langsung saja hal itu menjadi viral. Netizen ramai memperbincangkan dan menyebarkannya hingga puluhan ribu retweet di jejaring twitter. Cafe tersebut pun mendadak tenar namanya. Apalagi terungkap bentuk komunikasi penjualnya yang lucu. Bahkan, cafe tersebut menuruti permintaan khusus seorang pembeli yang menghendaki ada gambar spongebob pada kemasan makanannya. 

Cara unik tersebut sepertinya akan segera menular ke penjual-penjual lainnya, terutama yang melayani pemesanan melalui aplikasi pemesanan ojek daring. Tidak sedikit yang menganggapnya sebagai trik promosi dan pemasaran kreatif untuk menarik perhatian masyarakat. Harapannya semakin banyak pembeli yang datang atau memesan menu-menu mereka.

Gerai Roti Bakar | dokpri
Gerai Roti Bakar | dokpri
Paling tidak cara itu kini diikuti oleh seorang penjual roti bakar di Yogyakarta. Namanya Rizki dan ia menamai gerainya sebagai "Roti Bakar Usrock".

Pemuda berkacamata itu menjelaskan bahwa nama "Usrock" ia ambil dari tokoh Usro dalam serial boneka Unyil. Agar lebih menarik nama Usro sedikit diplesetkan menjadi Usrock.

Rizki mulai berjualan roti bakar pada Mei 2019. "Harusnya sih jadi guru, tapi milih ini (roti bakar) karena gampang", katanya sambil tertawa menjelaskan pilihannya berjualan roti bakar. Ia memang sarjana lulusan Jurusan Pendidikan Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Meski baru beberapa bulan berjualan, pemuda 23 tahun ini mengaku mantap dan serius menekuni usaha kuliner. Gerai roti bakarnya yang bernuansa kuning dengan slogan "Antara "Aku, Kamu, dan Roti Bakar" dibuka di seberang sebuah hotel di kawasan paling ramai di Yogyakarta yakni Jalan Kaliurang. Letaknya sekitar 1 km di utara kampus Universitas Gadjah Mada.

Deskripsi nyeleneh yang dicantumkan Rizki di halaman pemesanan Go-Food (dok. pri).
Deskripsi nyeleneh yang dicantumkan Rizki di halaman pemesanan Go-Food (dok. pri).
Saat ini Rizki sedang merencanakan gerainya yang kedua. "Mau buka cabang Usrock volume 2", jelasnya. Gerai kedua itu rencananya akan mengambil tempat di depan sebuah restoran ayam yang juga di kawasan Jalan Kaliurang.

Sehari-hari Rizki mempekerjakan seorang pegawai untuk melayani pembeli roti bakarnya. Ia memilih mahasiswa adik angkatannya di UNY untuk membantu. 

Rizki sendiri biasanya hanya ada di gerai pada hari Senin atau saat pegawainya berhalangan. "Sekarang saya turun tangan karena dia (pegawainya) lagi skripsi", katanya pada Senin malam, 7 Oktober 2019, ketika saya datang membeli roti bakar coklat kacang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN