Mohon tunggu...
Wardatus Sholihah
Wardatus Sholihah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Malang

Semangatt

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Pentingnya Kasih Sayang Orangtua kepada Anak Sejak Dini

26 November 2022   16:22 Diperbarui: 26 November 2022   16:55 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kasih Sayang Kedua Orang Tua(Hipwee Ibu dan Ayah via voice.gogetterz.com )

Saat saya di pondok dulu saya pernah membimbing kegiatan belajar anak-anak junior di pondok. Anak junior di pondok saya mulai dari anak sekolah TK atau RA sampai sekolah SD atau MI. 

Na suatu ketika saat saya membimbing belajar pertama kali ada satu anak MI yang dia dibimbing sendirian oleh satu teman saya setelah saya cari tau ternyata anak tersebut masih belum bisa membedakan warna-warna, masih sulit membaca, menulis, menentukan angka-angka padahal anak tersebut sudah kelas 2 MI. 

Awalnya saya bingung dan rata-rata teman-teman saya yang membimbing bingung ada apa sebenarnya dengan adek tersebut kok sangat sulit sekali diajarkan sesuatu. 

Setelah itu saya dan teman-teman bertanya kepada pengurus kamar junior tersebut dan setelah kami dengar cerita pengurus tersebut ternyata adek tersebut kurangnya perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya karena adek tersebut sejak kecil di urus oleh neneknya dan adek tersebut juga sudah berkali-kali pindah sekolah saat TK namun sama saja kendalanya.

Na dari peristiwa tersebut sudah terlihat bukan bahwa sejak kecil anak itu butuh sekali perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya karena sejak usia dini anak itu senang sekali jika berada di samping kedua orang tuanya apalagi dalam hal bermain.

Anak merasa bahagia jika kedua orang tuanya memiliki waktu luang lebih banyak untuk bermain dan bersenang-senang kepada anaknya. Sebagai orang tua sebaiknya jangan sering memarahi anak-anaknya. Karena masa kecil itu masanya anak untuk bersenang-senang dan ajarkan pula kepada anak untuk berbagi atau saling menolong kepada teman yang berada di sekitarnya sejak usia dini.

Selain itu, sebagai orang tua juga harus mengajarkan sikap-sikap baik kepada anak. Jika orang tua memiliki rasa ingin marah dan berkata yang tidak baik jangan lah memperlihatkan hal tersebut di depan anak karena jika anak melihat yang seperti itu pasti akan ditiru oleh anak saat usia remaja.

Saran dari saya kedua orang tua yang setiap hari nya bekerja dan sulit meluangkan waktu untuk anaknya usahakan satu hari saja untuk meluangkan waktunya bersama anak-anaknya. karena setiap anak pasti ingin sekali bercerita kepada orang tua nya tentang kesenangannya saat di sekolah ataupun bercerita tentang teman-teman yang bermain bersamanya. 

Bahkan ada juga anak yang mempunyai permasalahan. Selain itu jika orang tua memiliki anak lebih dari satu usahakan jangan pilih-pilih dalam memberikan kasih sayang. Karena pasti jika ada peristiwa seperti itu salah satu anak akan merasa sedih dan kecewa dan pastinya akan terjadinya pertengkaran antara kakak dan adek.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun