Mohon tunggu...
Kris Wantoro Sumbayak
Kris Wantoro Sumbayak Mohon Tunggu... Guru - Pengamat dan komentator pendidikan, tertarik pada sosbud dan humaniora

dewantoro8id.wordpress.com • Fall seven times, raise up thousand times.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Sekali Melangkah Tiga Destinasi Terlampaui

4 Desember 2023   00:30 Diperbarui: 5 Desember 2023   00:19 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak bayi pertama kali naik kereta | dokumentasi pribadi

Jalan berdua itu menyenangkan. Jalan bertiga itu menantang.

***

Juli lalu, saat liburan semester, aku dan istri baru saja pulang kampung ke Medan mengajak anak serta. Setelah nikahan adikku, menghadiri pesta pernikahan adik ipar (maraton), sekaligus menengok Oppung.

Itulah kali pertama anak kami bertemu Oppung, menginjak tanah Batak, sekaligus ia pertama kali naik pesawat dan kapal menyeberang Danau Toba. Sekali melangkah tiga destinasi terlampaui.

Menjelang akhir tahun, kami merencanakan kembali travelling multi-destinasi. Saudara KTB istri--sebut saja Ines--akan menikah. Para saudara dan kakak KTB diundang hadir dalam pesta pernikahan di Jakarta.

Jauh hari istri sudah menyampaikan hal ini. "Kita nabung ya, Pah!" Siap, balasku.

Apakah kami akan mengajak anak yang masih usia dua tahun? Kalau bisa, tidak. Tapi harus. Sebab ada hal lain yang mengharuskan anak kami ikut. Itulah sebabnya, artikel ini berjudul Sekali Melangkah Tiga Destinasi Terlampaui.

Sebulan sebelum berangkat, aku sudah konsultasi pada wakasek tentang kemungkinan aku izin hari Jumat di tengah padatnya agenda.  Dengan hikmat beliau, aku disarankan izin setengah hari. Sebab, aku sudah sering izin karena agenda keluarga, hehe.

Apalagi akhir semester, aku sering izin lebih awal sebelum libur, padahal masih ada agenda yayasan. Mau bagaimana, kalau perjalanan luar pulau ya wajar kan izin lebih awal?

Maka, kali ini aku izin setengah hari. Hari Jumat anak-anak agendanya remidi dan susulan. Aku sudah menyelesaikan koreksi soal tes. Acara nikahan hari Sabtu. Istri sudah beli tiket Jumat sore.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun