Mohon tunggu...
wan andi saputra
wan andi saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - ELECTRICAL ENGINEERING USR21

TETAP SEMANGAT BIARPUN ITU BERAT

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemuda Landasan Bangsa

16 Oktober 2021   12:25 Diperbarui: 16 Oktober 2021   12:29 60 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ketika beraneka ragam kecendrungan permusuhan atau perpecahan mulai nampak membahakan persatuan dan kesatuan bangsa kita, maka misi hari sumpah pemuda dengan jiwa asli nya adalah amanat penting. suara-suara negatif sebagai akibat interpretasi yang salah tentang  otonomi daerah yang sudah mengkhianati jiwa sumpah pemuda. demikian pernyataan dan kegiatan-kegiatan sebagai dari golongan islam reaksionel, seperti yang d pertontonkan oleh organisasi/ gerakan semacam front pembala islam, ahlulsunnah waljamaah, majelis mujahidin indonesia, kisdi, dan lain-lain nya sebagainya.

perlu lah kiranya selalu kita ingat bersama-sama bahwa sumpah pemuda, yang dilahirkan sebagai hasil kongres pemuda II yang diselenggarakan tanggal 27-28 oktober  1928 di jakarta adalah manifestasi yang gemilang dari hasrat kuat kalangan muda indonesia, yang terdiri dari berbagai suku dan agama, untuk menggalang persatuan bangsa dalam perjuangan melawan  kolonialisme belanda.

dalam sejarah indonesia, sudah banyak perlawanan terhadap kolonialisme belanda, yang dilakukan oleh berbagai suku di berbagai daerah, baik di sumatera, jawa, sulawesi, maluku dan pulau-ulau lainnya. namun, karna perjuangan itu sebagian besar bersifat lokal dan kesukuan, maka telah mengalami kegagalan. pemberontakkan pki jawa barat, jawa tengah, jawa timur dalam tahun 1926 merupakan gerakkan yang di timbulkan pengaruh politik lintas-suku dan lintas-agama yang penting (karna juga terjadi di sumatera barat). sumpah pempuda lahir dalam tahun 1928, ketika puluhan ribuan orang telah di tahan dan dipenjarakan pemerintah belanda sebagai akibat pemberontakkan pki dalam tahun 1926.

jadi, jelaslah bahwa sumpah pemuda adalah semacam kontrak-politik berbagai suku bangsa indonesia, yang diwujudkan secara kongrit oleh wakil-wakil angkatan muda mereka.sumpah pemuda adalah pondasi penting kebangkitan bangsa indonesia dan landasan utama bagi pembentukkan negara republik indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan