Mohon tunggu...
Walika AlyaAkmal
Walika AlyaAkmal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blogging

Mahasiswa Magister Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Mengembalikan Cita Rasa Kopi Sesungguhnya dari Kedai Kopi di Bilangan Jakarta Selatan

26 Januari 2022   16:14 Diperbarui: 26 Januari 2022   16:16 107 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Sebuah kedai kopi yang terletak di bilangan jakarta selatan tepatnya di jalan Bulungan Raya Blok C nomor 1 di sekitaran wilayah GOR Bulungan sering kali di kunjungi para anak muda untuk ngopi sembari nongkrong di kedai kopi tersebut.

Awal mula kedai kopi ini di latarbelakangi oleh sekelompok komunitas seni di sekitaran bulungan sehingga membuat Argo selaku owner atau pemilik Join Kopi ini berani menginvestasikan Join Kopi tersebut. Seiring berjalannya waktu, kedai kopi ini banyak juga di kunjungi oleh berbagai kalangan masyarakat khususnya anak muda. Konsep yang di pilih oleh kedai kopi ini memang membuat keterterikan tersendiri bagi para pengunjungnya yang membuat kedai kopi populer dari mulut ke mulut tanpa pemasaran media sosial seperti yang dikatakan oleh Mas Bagot selaku manajer operasional di Join Kopi. Di dalam Join Kopi ini terdapat team maker yang membuat Join Kopi berdiri dan berkembang, diantaranya ada Mahendra, Andri, dan Farhan. Diluar dari itu yang membantu berdiri Join Kopi ini banyak dari berbagai kalangan.

Berdirinya Join Kopi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat awam tentang cita rasa kopi itu sendiri, karena masyarakat sekarang lebih sering mengkonsumsi kopi sachet daripada kopi buatan sendiri atau manual. Oleh karena itu, Join Kopi berinovasi mengenalkan beragai jenis kopi dengan berbagai olahan. Seperti beberapa menu yang terdapat di Join Kopi yaitu Chococop, perpaduan dari biji kopi dan biji cokelat sehingga menghadirkan cita rasa yang baru. Adapula menu kopi yang bernama Blacklara, Double Espresso dengan topping creamer yang inspirasinya diambil dari sepasang kekasih yang sedang berpacaran di Join Kopi cowonya hitam dan cewenya putih. Sehingga menjadi perpaduan yang unik bagi Mas Bagot untuk membuat inovasi kopi baru.

Join Kopi memiliki cita rasa yang berbeda dari cafe atau kedai kopi yang lain, karena di Join Kopi sangat mengutamakan cita rasa dari sebuah kopi. hal itu yang membuat Join Kopi memiliki ciri yang berbeda dari yang lain, karena kopi yang disediakan di coffeeshop lainnya yang lebih di dominasi rasa susunya daripada kopi itu sendiri. Selain itu juga harga yang pas di dompet untuk kalangan anak muda.

Kopi yang sering di ambil atau di gunakan di Join Kopi adalah kopi Gayo yang berasal dari Aceh Sumatera Utara. Namun, yang lebih di tekankan pada setiap menunya adalah Kopi Join yang memiliki cara tersendiri dalam pembuatan kopinya yang berbeda dan khusus, Kopi Join tidak bisa dibuat sendiri karena dapat merusak cita rasa Kopi Join itu sendiri.

Bagi para pecinta kopi, setiap kopi mempunyai makna masing-masing. Bagi mas Bagot sendiri, kopi sebagai obat penat dan penenang dari berbagai masalah dan rutinitas sehari-hari juga untuk teman dalam menemukan inspirasi. Bagi dia, kopi adalah sebagai kebutuhan hidup yang harus terpenuhi. Para pecinta kopi juga merasakan hal yang sama. Kopi menjadi suatu obat relaksasi tersendiri bagi seseorang yang memaknai kopi sebagai minuman yang tidak hanya pelepas dahaga. Namun, terdapat seni dan kenikmatan yang ada di dalamnya.

Menurut Mas Bagot, seni keindahan kopi terletak pada proses pembuatannya. Mas Bagot merindukan cara lama dalam membuat kopi yang masih menggunakan alat seadanya. Karena menurut dia, dengan cara itu, barista dapat memodifikasi kopi dengan baik dan membuat lebih banyak inovasi dalam menghadirkan jenis minuman kopi baru. Kelemahan dari proses tersebut adalah pembuatannya memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, Join Kopi telah menggunakan alat pembuat kopi yang modern sehingga dapat melayani pelanggan dengan cepat. Namun, tidak menghapus cita rasa kopi yang telah dibuat.

Kedai kopi Join Kopi ingin memfokuskan diri pada setiap kopi yang di sajikan kepada para pelanggan dan pecinta kopi tanpa mengkatrol harga yang tinggi, tetapi menawarkan harga yang bersahabat dan relatif murah dengan sajian kopi yang berkualitas. Join Kopi masih belum ingin membuka cabang, karena Join Kopi menginginkan keseriusan dalam pembuatan kopi sehingga masyarakat dapat mengetahui dengan sendirinya kualitas yang terbaik dari kopi itu sendiri. Namun, tidak menutup kemungkinan Join Kopi akan membuka cabang. Karena keinginan pelanggan yang mulai meningkat.

Bagi kalian yang ingin menikmati sensasi bukan hanya sekedar ngopi, tetapi juga ingin mengetahui cita rasa kopi yang lebih daripada sebelumnya bisa datang ke kedai Join Kopi. Range harga minuman Join Kopi berkisar diantara Rp.13.000 -- Rp.85.000. Dengan kisaran harga tersebut membuat aman dikantong para pelanggannya. So, tunggu apalagi, mari nongkrong dan menikmati secangkir kopi dengan cita rasa dan experience yang luar biasa.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan