Mohon tunggu...
Walentina Waluyanti
Walentina Waluyanti Mohon Tunggu... Penulis - Menulis dan berani mempertanggungjawabkan tulisan adalah kehormatan.

Penulis. Bermukim di Belanda. Website: Walentina Waluyanti ~~~~ Email: walentina.waluyanti@upcmail.nl ~~~ Youtube channel: Kiki's Mom

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Di Austria, Nama Sultan Yogyakarta Terukir di Hotel Bersejarah

8 November 2021   18:18 Diperbarui: 8 November 2021   23:04 1110 44 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Hotel Goldener Adler di kota Innsbruck, Austria. Di dekat pintu gerbang sebelah kanan, terpampang nama pesohor yang pernah menginap di hotel ini, di antaranya Sri Sultan Hamengkubuwono X (Photo by Walentina Waluyanti)

Penulis: Walentina Waluyanti

Saat sedang makan di restoran dari sebuah hotel antik di Austria, mata saya tertumbuk pada nama yang tidak asing lagi. Tampak terukir nama Sultan Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Nama Sultan Yogyakarta sudah biasa kita dengar. Tapi nama ini menjadi hal yang tidak biasa, ketika nama Sri Sultan dari Yogyakarta ini terpampang di plakat marmer di depan hotel di kota Innsbruck, Austria.

Penasaran, kemudian saya mendekati tembok yang memamerkan sederet nama pesohor dunia. Nama-nama mereka terpampang di tembok, terukir di atas permukaan marmer, di samping pintu masuk hotel.

Deretan nama para tokoh dunia itu ada kaisar, raja dan ratu di Eropa, ada juga Ratu Sirikit dari Thailand, penerima hadiah Nobel, astronot, ilmuwan, sastrawan, seniman, musikus, politisi, ahli filsafat, dan pesohor dari berbagai kalangan.

Meskipun hotel ini pernah diinapi para pesohor termasuk para bangsawan, namun hotel ini sama sekali jauh dari kesan mewah. 

Bangunannya tidak besar, terletak di sudut jalan kecil. Temboknya terlihat kusam, semakin menguatkan kesan antik hotel ini.

Foto: Hotel Goldener Adler di kota Innsbruck, Austria. (Sumber foto: Wikipedia)
Foto: Hotel Goldener Adler di kota Innsbruck, Austria. (Sumber foto: Wikipedia)
Hotel bernama Goldener Adler ini adalah salah hotel tertua di Eropa, dibuka sejak tahun 1390, masih tetap beroperasi hingga kini. Goldener Adler artinya elang emas. Di depan hotel, simbol elang emas ini tampak terpancang pada tembok di bagian atas hotel.

Simbol elang emas adalah simbol yang sudah digunakan sebagai lambang kekaisaran oleh Kekaisaran Romawi Suci sejak pemerintahan kaisarnya yang pertama, Kaizar Maximilian I (Kaisar ini pernah menginap di Hotel Goldener Adler). 

Burung elang juga adalah simbol dari pasukan Romawi pada zaman Romawi kuno. Selain simbol elang emas, di depan hotel tampak berkibar panji-panji merah putih dengan gambar burung elang.

Foto: Simbol elang emas dari Hotel Goldener Adler terpancang di tembok, di sebelah panji-panji merah putih bergambar burung elang. (Photo by Walentina Waluyanti)
Foto: Simbol elang emas dari Hotel Goldener Adler terpancang di tembok, di sebelah panji-panji merah putih bergambar burung elang. (Photo by Walentina Waluyanti)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan