Mohon tunggu...
Otoblogging
Otoblogging Mohon Tunggu... new day

Have a new day

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Baru Diganti, Oli Sudah Mulai Menghitam? Jangan Buru-Buru Ganti Oli

4 Maret 2021   10:26 Diperbarui: 4 Maret 2021   11:36 37 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Baru Diganti, Oli Sudah Mulai Menghitam? Jangan Buru-Buru Ganti Oli
oli-mobil-cepat-hitam-6040641c8ede484e0828b012.jpg

Baru beberapa hari yang lalu ganti oli, tiba-tiba saat diperiksa oli mulai menghitam. Sedangkan oli nya dibeli dari tempat terpercaya dan terjamin juga keasliannya. Untuk masalah ini jangan terburu-buru untuk menyalahkan tempat anda membeli oli dan melakukan pemborosan pada oli. Kalau oli yang anda pakai benar-benar berkualitas, mungkin saja penyebabnya bukan di sistem pelumasan. Pelumas punya fungsi membersihkan permukaan dinding, karena itu kualitas oli juga sangat penting. Selain itu ada beberapa fungsi oli yang lain, berikut ini fungsinya :

  • Oli Sebagai Pelumas

Pelumas dalam mesin berfungsi untuk memudahkan seluruh komponen-komponen mesin mobil bergerak.

  • Oli Sebagai Pembersih Mesin

Oli mampur melarutkan kotoran di mesin kendaraan anda. Kotoran pada mesin berasal dari debu-debu yang masuk melalui seal, terutama jika bocor.

  • Oli Penghemat Bahan Bakar

Oli yang baik dapat berpengaruh pada penghematan bahan bakar dan meminimalisir gesekan yang terjadi pada kendaraan anda. Oli yang mengurangi gesekan mesin mobil anda, mengurangi pemakaian bahan bakar.

  • Oli Mendinginkan Mesin

Komponen mobil yang membawa panas pada mesin mobil akan dibawa oleh oli ke dinding mesin, dan disalurkan melalui cara konduksi. Sehingga mesin akan tetap dingin.

  • Oli Meningkatkan Performa Mesin

Oli dengan pemakaian yang tepat dapat meningkatkan performa mesin kendaraan. Torsi dan tenaga yang dihasilkan dari komponen mesin menjadi lebih maksimal. Juga memilih oli yang tepat juga bisa membuat mesin bekerja lebih lama dan tetap dingin saat mobil digunakan.

  • Memperpanjang Usia Komponen Mesin

Di dalam oli terkandung zat kimia yang baik untuk mengurangi korosi pada mesin. Pelumas berfungsi sebagai pengurang gesekan antar komponen. Kedua fungsi ini berpengaruh pada usia komponennya. Pemakaian oli juga menjadi langkah untuk merawat mesin mobil agar bisa digunakan jangka panjang.

  • Oli Penghemat Biaya

Penggunaan oli dapat membuat komponen pada mobil anda lebih awet, dan anda juga tidak perlu melakukan servis.

Karena itu anda tidak perlu khawatir, jika oli yang baru diganti sudah cepat kotor. Saat oli dalam kondisi seperti iut, oli masih bisa dipakai. Tapi anda perlu memperhatikan kekentalannya, kalau tidak berubah oli masih bisa digunakan kalau sebaliknya sudah berubah sebaiknya segera diganti. Baca juga Tips Memilih Oli Terbaik.

VIDEO PILIHAN