Kidz Zaman "Now" pasti tidak asing dengan yang namanya costumer service, ya setiap hari setiap jam kita selalu mendengarkan kata costumer service. Costumer service itu sendiri banyak di periklanan televisi, terutama pada perusahaan dibidang jasa.
Costumer service itu sendiri adalah setiap  bentuk kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan oleh seseorang secara memuaskan. Pelayanan yang dapat diberikan termasuk menerima keluhan berupa masalah yang sedang dihadapi. Seorang customer service harus pandai dalam mencari solusi untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh tamunya. Jadi jelas apa yang dimaksud dengan costumer service itu sendiri.
Jika dilihat pengertian diatas, maka hampir sama dengan Bimbingan Konseling, terus apa bedanya dengan bimbingan konseling? Kan sama-sama memberi pelayanan? Dan sama-sama memberikan solusi?
Memang ada persamaan disini antara Bimbingan konseling dengan costumer service, yakni sama-sama memberikan solusi dan memberi pelayanan atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi dan tentunya memberikan informasi apa yang dibutuhkan oleh kliennya. Tetapi banyak yang membedakannya, yakni bahwa perlu diketahui jika costumer service hanya sebatas memberikan informasi saja yakni pelanggan dan pengguna jasa, dan BK memberikan informasi sekaligus juga memberikan motivasi kepada kliennya yakni siswa.
Jika costumer service hanya bisa memberikan informasi yang hanya diketahui oleh pemilik jasa, maka BK bisa mengetahui bakat yang dimiliki oleh siswa itu sendiri meskipun si siswa tidak mengetahui bakat apa yang dimilikinya.
Hal diatas itulah beberapa hal yang membedakan costumer service dengan BK, agar tidak ada kesalahpahaman tentang tugas BK yakni BK bukanlah costumer service yang hanya bisa memberikan informasi saja tetapi bisa memberikan motivasi yang positif dan mampu mengarahkan bakat siswa agar bisa berkembang,