Mohon tunggu...
Wahyu Hidayat
Wahyu Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga (20107030059)

Hanya ada dua pilihan, menulis atau ditulis oleh sejarah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Mengintip Surganya Thrifting di Jakarta

20 April 2021   23:15 Diperbarui: 20 April 2021   23:36 145 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Surganya Thrifting di Jakarta
Pasar Senen / dokpri

"Ayolah kita nge-thrift, mumpung dikit lagi lebaran nih"

Ucap salah satu teman untuk mengajak penulis berburu baju thrift untuk lebaran.

Akhir-akhir ini kegiatan thrifting memang kembali populer dikalangan milenial, harganya yang bersahabat dengan kantong pelajar dan kualitas yang masih cukup baik menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan ini kembali digandrungi oleh banyak kaum muda.

Tak luput juga dari beberapa content creator ataupun seller di berbagai platform seperti youtube, instagram dan tiktok yang membahas tentang kegiatan thrifting ini sehingga menarik minat banyak orang.

Secara istilah thrifting diambil dari kata-kata "thrifty" yang diartikan sebagai cara untuk menggunakan uang atau barang dengan baik dan efisien. Sehingga thrifting dapat diartikan sebagai kegiatan membeli barang bekas yang masih layak untuk digunakan.

Kegiatan Thrifting ini bukanlah sebuah hal yang baru bahkan sebelum era digital seperti sekarang, membeli barang - barang bekas thrifting sudah cukup populer dan sudah memiliki pasarnya tersendiri. Selain itu, kegiatan membeli barang -- barang bekas ini juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Karena dengan memilih untuk membeli barang -- barang bekas dibanding dengan yang baru dapat menekan angka pembuangan sampah pakaian yang tidak perlu. Apalagi ditambah dengan industri fast fashion yang tiap tahun memproduksi pakaian dengan jumlah yang banyak dalam waktu singkat hanya demi mengikuti tren yang terus berkembang. Maka, jika dilihat dari kacamata lingkungan thrifting merupakan hal yang sangat positif.

Dan kali ini penulis mengunjungi langsung ke salah satu pusat penjualan pakaian thrifting di Jakarta yang sudah populer dari dulu hingga sekarang yaitu Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Koridor Pasar Senen / dokpri
Koridor Pasar Senen / dokpri

Akses untuk ke Pasar Senen juga cukup mudah, letaknya yang berdekatan dengan terminal dan stasiun Pasar Senen membuat banyak orang tidak khawatir untuk kesini. Sehingga banyak pengunjung dari luar Jakarta seperti Depok, Bogor, Bekasi hingga Tangerang yang berbelanja disini.

Salah satunya adalah Andra pengunjung yang berasal dari Tangerang yang saya temui di Blok III Pasar Senen , Jakarta Pusat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN