Mohon tunggu...
Wahyudin Tamrin
Wahyudin Tamrin Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Makassar

Selanjutnya

Tutup

Diary

Habibie Ainun

5 Juli 2023   18:28 Diperbarui: 5 Juli 2023   18:32 373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Patung Habibie Ainun di Kota Parepare, Sulawesi Selatan/Dok Pribadi

Parepare. Orang menjulukinya kota cinta. Dari kota yang luasnya hanya 99,33 kilometer persegi ini, lahir cinta sejati. Habibie Ainun. Pasangan itu diabadikan sebagai monumen.

Patungnya berdiri di tengah kolam berbentuk lingkaran. Ainun memegang bunga. Tangan kiri Habibie merangkul pundaknya. Tangan kanannya diangkat sejajar kepala. Seakan melambai. Isyarat pasangan yang mesra.

Ternyata patung ini adalah kado ulang tahun pernikahannya yang ke-53. Kadonya abadi. Tidak seperti lilin beralaskan kue yang dalam sekejap habis dan terlupakan.

Nama Habibie begitu harum. Bukan hanya di Indonesia. Tapi juga di Jerman. Bahkan dunia mengakuinya. Karyanya abadi. Meski dia sudah tiada.

Sungguh membanggakan masyarakat Sulsel. Namanya selalu diceritakan secara turun temurun oleh orangtua di kampung kepada anaknya. Berharap sang anak mengikuti jejaknya.

Sejak kecil, orangtua saya juga memperkenalkan namanya. Presiden ke-3. Asal Sulsel. Pintar. Sekolah di Jerman. Bisa buat pesawat. Saya kagum. Termotivasi ingin seperti dia.

Saya lalu disekolahkan. Setelah lulus SMP, lanjut ke SMK. Ambil jurusan yang satu rumpun dengannya. Teknik Kendaraan Ringan.

Kemudian lanjut ke perguruan tinggi. Masih Jurusan yang sama. Hanya nama yang berbeda. Teknik Otomotif.

Apakah saya berhasil mengikuti jejak Habibie seperti harapan saat saya kecil?

Haha ternyata tidak kengkawan. Saya tidak mampu. Saya tidak secerdas beliau. Saya hanya mampu ke kota kelahirannya. Lalu berfoto. Mengabadikan momen di patungnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun