Mohon tunggu...
Wahyuddin Junus
Wahyuddin Junus Mohon Tunggu... wiraswasta -

saya menulis untuk tidak menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menebak Pilihan Cerdas Anak

21 Februari 2014   22:25 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:35 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Anak-anakku ibarat matahari di siang hari. Usia Kayla 5 tahun 'terlalu cerdas' untuk memilih apa yang dia ingin makan. Pengaruhnya begitu dominan, sampai harus ikut memilih makanan apa cocok buat adiknya, Khalilah (2 th). Bersama ibunya, siang ini mereka bertiga membawa pulang 2 gelas nyam nyam, cemilan dari coklat selera anak2.

Tiba di rumah keduanya meminta saya untuk membuka kemasannya. Sepintas keduanya sama, namun isinya berbeda. Di situ saya baru tahu bubble puff punya Kayla dan fantasy stick milik adiknya seperti tertulis kecil dikemasannya. Melihat ketaksamaan isinya, pikiran saya dibuat kemana-mana. Saat keduanya menikmati keceriaan bersama coklat masing-masing, Khalilah meradang saat melihat coklat milik kakaknya. Dugaan saya terbukti bahwa adiknya ingin coklat yang sama.

"kenapa tidak sama, tawwa ?" tanya saya pada mamanya.

"Kayla yang pilihki itu semua," balas mamanya.

Saya hanya bisa terdiam. Khalilah sebagaimana anak yang lain masih suka meniru. Ini bukan soal selera. Demi untuk menjaga perasaan masing-masing, saya dizinkan untuk mencicipi coklat keduanya.

"Eehemmm," guman saya pada kedua.

"Rasanya sulit dilukiskan dengan kata-kata," ucap saya dengan canda sambil melirik mamanya.

Mereka bertiga hanya bisa cekikan mendengarnya.

Kata-kata itu saya anggap ambigu. Demi memuaskan selera keduanya. Kata itu terasa umum dipakai orang dewasa untuk menyenangkan orang lain, tanpa melukai salah satunya. Meski setengah bercanda, tapi kalimat itu menjadi penyatuan rasa beda selera.

Tapi bukan soal kalimat itu yang ingin saya apresiasi. Saya hanya perlu menyempurnakan keterlibatan perasaan saya terhadap perilaku anak-anak. Meniru dan meminta persamaan adalah intuisi anak yang tak ingin dibeda-bedakan. Bukankah dalam perjalanan waktu kita sebagai orang dewasa cenderung berperilaku seperti anak kecil.

Budaya meniru bahkan menjadi penyakit sosial. Paling mudahnya disematkan pada ketakmampuan kita melihat orang lain berpunya. Perasaan memihak pada 'api kecemasan'. Termasuk ketakmampuan pikiran positif, meniru orang lain untuk sukses.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun