Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Resep Mie Ayam Kampung ala Rumahan, Santapan Hangat dan Lezat di Musim Penghujan

2 Desember 2021   12:12 Diperbarui: 3 Desember 2021   16:00 1272 50 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mie Ayam Kampung ala rumahan. | Foto: Wahyu Sapta.

Musim Penghujan. Saatnya basah. Hujan datang hampir tiap hari. Rinainya menggebu-gebu membasahi muka bumi. Di halaman rumah, di jalan, di rerumputan, di mana saja. Tetes air hujan yang segar berkilauan, menempati dedaunan dan bunga-bunga cantik yang bertengger di dahannya. Jalanan aspal juga menghitam basah karenanya.

Aroma hujan lalu tersesap oleh hidung. Tanah terasa lembap, karena hujan yang datang hampir tiap hari. Beberapa tanaman bahkan tumbuh subur dengan cepat bertambahnya dedaunan. 

Memang pada saat musim hujan, daun akan lebih banyak daripada bunga. Hanya tanaman tertentu, bunganya tetap rajin bermekaran. Seperti bunga sepatu milik saya.

Tetapi saya sedang tidak membahas dedaunan dan bebungaan, melainkan hujan yang datang membawa udara sejuk dan dingin. Biasanya, pada saat itulah, keinginan untuk menyantap makanan yang hangat dan segar datang menyergap.

Saya memiliki resep yang bisa dicoba sendiri di rumah, untuk santapan bersama keluarga pada saat musim penghujan ini. Cara pembuatannya praktis, ala rumahan, juga mudah dalam mencari bahan-bahannya. Apakah itu? Simak, ya.

Mie Ayam! Hidangan lezat saat musim penghujan. Disamping banyak penggemarnya, juga memiliki banyak variannya. Ada Mie Ayam Jakarta, Mie Ayam Bangka, Mie Ayam Solo, Mie Ayam Bandung, Mie Ayam Semarang, dan masih banyak lagi. 

Tiap kota memiliki mie ayam yang khas. Misalnya, mie dan kuahnya yang disajikan terpisah atau dijadikan satu. Toping ayam yang dicincang halus atau bentuk dadu. Bahkan ada yang disuwir-suwir. Tergantung kreativitas pembuatnya.

Kebetulan, anak-anak menggemari mie ayam. Daripada jajan terus, maka saya mencoba membuatnya sendiri di rumah. Apalagi saat hujan datang tanpa henti menjadikan malas untuk keluar rumah. 

Mie ayam ini mengandung karbohidrat dari mie, sayur sebagai sumber vitamin serta mineral, dan daging ayam mengandung sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Jadi, cukup mengenyangkan, juga dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi anak-anak. 

Mie ayam termasuk dalam comfort food bagi sebagian orang. Makanan yang memberikan rasa nyaman dan sisi nostalgia. Karena rasanya yang enak dan digemari, sehingga ada keinginan menikmatinya kembali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan