Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Camilan Bakso Sayur, Sajian Lezat Bergizi Khas Semarang

23 Juni 2021   18:07 Diperbarui: 23 Juni 2021   20:33 838
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Camilan Bakso Sayur, sajian lezat bergizi khas Semarang. | Foto: Wahyu Sapta.

Pernah mendengar bakso sayur? Bukan bakso berkuah memakai sayur, lho, melainkan bakso untuk camilan. Di Semarang baru digemari. Coba deh googling dengan kata kunci Bakso Sayur Semarang, nanti akan tampak seperti apa bakso sayur itu.

Nah, jika malas googling, baiklah saya akan bercerita, bakso sayur adalah camilan lezat dan bergizi, berbahan dasar daging dan sayur. Berbentuk bulat lonjong yang terbuat dari adonan bakso yang diberi sayur. 

Camilan ini baru digemari dan laris manis. Saya sendiri sering membeli dari mas-mas penjual sayur yang lewat di depan rumah. Kadang-kadang saya juga membelinya di pasar. Banyak kok yang menjualnya karena sudah populer di Semarang.

Saudara saya yang dari luar kota juga suka jika dibawakan bakso sayur. Makanan ini dijual dalam bentuk beku, jadi ketika sampai ke sana masih bisa dikonsumsi. Untuk menyantapnya harus digoreng terlebih dahulu, kemudian disajikan hangat sungguh nikmat.

Anak saya suka camilan lezat ini dengan mencocolnya ke saus tomat. Tidak terasa beberapa biji bakso sayur masuk dalam perut. Saya tidak melarangnya, selama camilan itu masih dalam taraf aman dan ada nilai gizinya.

Ada loh camilan dari tepung-tepungan yang sama sekali tidak ada nilai gizinya. Belum lagi cocolannya yang tidak diketahui aman atau tidak. 

Saya sering memarahi anak saya jika jajan makanan yang seperti ini. Tetapi namanya anak-anak, sering juga sembunyi-sembunyi jajan sembarangan meskipun sudah dilarang.

Nah, untuk meminimalisir mereka jajan sembarangan, saya berusaha memasak sendiri camilan kesukaan mereka. Termasuk bakso sayur yang menjadi kegemaran mereka.

Terkadang anak-anak malas mengkomsumsi sayur. Nah, bakso sayur ini, paling tidak akan menambah gizi yang ada pada sayur ke mereka. Apalagi baru musim pandemi, harus selalu terjaga imun mereka dengan memakan makanan bergizi seimbang.

Saya ingin berbagi resep menu camilan bergizi bakso sayur ala saya, karena saya modifikasi memakai resep sendiri. 

Biasanya jika bakso sayur yang saya beli, memakai daging ikan. Saya menggantinya dengan daging ayam yang lebih gampang mencarinya, karena ada di penjual sayur yang lewat depan rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun