Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Segar Artikel Utama

Resep Praktis Ayam Kuah Tauco, Sajian Lezat Cocok untuk Berbuka Puasa

24 April 2021   15:27 Diperbarui: 24 April 2021   18:00 4498
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ayam Kuah Tauco, sajian lezat untuk berbuka puasa. Foto: Wahyu Sapta.

Suami saya suka sekali dengan masakan yang memakai tauco. Apa saja menu yang tersaji dengan bahan tauco, ia doyan. Misalnya, saat repot tapi lapar, maka saya membuat telur orak-arik tauco. Cepat, gampang, dan taraaa... langsung jadi deh. Hem, sedap pula.

Ada pula soto tauco, masakan khas Tegal yang pernah saya coba. Saya sih sebenarnya nggak begitu suka, meskipun doyan. Tetapi untuk sajian keluarga, apa sih yang tidak. Selama mereka suka, maka acara masak memasak menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Kali ini saya ingin memasak menu yang berkuah, dengan bahan dasar tauco. Tetapi bukan Soto Tauco. Menu yang cocok untuk berbuka puasa. Cara memasaknya juga yang simpel, cepat, dan mudah, karena saya memiliki waktu yang pendek untuk menyajikannya untuk berbuka. Belum lagi nanti mempersiapkan takjilnya. 

Hem, apa ya? 

Tadi pagi saya sempat berbelanja ayam di mas-mas penjual sayur. Sedangkan saya memiliki stok tauco yang selalu ada di lemari es.

Bagaimana kalau Ayam Kuah Tauco? Masakan ini biasa juga disebut Ayam Bumbu Swike. Pasti sedap nih. 

Tauco yang saya stok ini mudah mendapatkannya. Merek tertentu dalam botolan yang mudah dicari di toko terdekat. Sebenarnya bisa sih memakai merek apa saja, tetapi saya memilih yang mudah dan gampang mencarinya. 

Oya, beberapa kali saya memasak resep ini. Anak-anak dan ayahnya suka banget melahapnya. Saya sih, kebagian bahagia, karena dengan begitu, masakan saya cocok dan nyantol di hati mereka. Rasa dominan tauco memang terasa, dan itu yang ditunggu oleh mereka.

Nggak ada salahnya saya memasaknya kembali. Dan nggak salahnya juga, kan, jika saya ingin berbagi resep Ayam Kuah Tauco di sini. Mengajak kalian untuk mencobanya. 

Bumbunya simpel, karena bumbu utama hanya 3 jenis. Bawang putih, jahe, dan tauco. Sedangkan bahan lainnya daging ayam, kecap, dan bumbu pelengkap seperti cabai, daun bawang, seledri. Mudah mencarinya.

Cara membuatnya juga mudah, loh. Tidak perlu memakai acara mengulek, melainkan hanya digeprek saja. Nah, bagaimana? Siap mencobanya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun