Mohon tunggu...
Wahyu widiyanto
Wahyu widiyanto Mohon Tunggu... Petani - Wahyu

Mahasiswa FPB 2019 UKSW

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Pemanfaatan Jagung Menjadi Nasi Jagung, Kuliner yang Menggiurkan

28 November 2021   12:43 Diperbarui: 28 November 2021   12:45 146 6 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kuliner. Sumber ilustrasi: SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com/Rembolle

Jagung merupakan salah satu dari tanaman pangan dimana menjadi sumber karbohidrat menjadi sumber makanan pokok di beberapa wilayah di dunia. Jagung sudah lama dikenal dan menjadi makanan pokok pengganti beras di beberapa wilayah di Indonesia.
Dibandingkan dengan beras jagung mempunyai kandungan gizi dan protein yang lebih tinggi.

Dalam menambah nilai jagung banyak masyarakat Indonesia yang mempunyai inovasi untuk pengolahan produk jagung. Apakah kalian tau, jagung dapat diolah menjadi olahan makanan yang lezat dan bergizi, yang pasti nya dapat dijadikan pengganti beras loh, hasil pengolahan jagung ini dapat dihasilkan makanan tradisional yang nikmat dan mempunyai khas yaitu nasi jagung. Apakah kaliah sudah mengerti tentang nasi jagung??? Makanan yang satu ini menjadi primadona terutama di pagi hari untuk dijadikan menu sarapan. Makanan yang berbahan dasar dari jagung ini mempunyai kandungan protein yang tinggi dibandingkan dengan beras.

Anda tidak perlu takut tidak kenyang saat makan nasi jagung ini dikarena jagung sendiri merupakan salah satu sumber karbohidrat dan sumber tanaman pangan.

Kandungan pada jagung yang mempunyai amilosanya tinggi dan serat membantu tubuh melepaskan glukosa dengan perlahan. Maka dengan hal tersebut membantu agar gula darah tidak langsung naik setelah makan. Jagung sendiri juga mengandung banyak nutrisi, yaitu vitamin A, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, zat besi, folat, fosfor, magnesium, mangan, dan selenium. Kalori pada jagung pun lebih sedikit dibandingkan dengan nasi putih.

Walaupun jagung mempunyai banyak nutrisi, tetap harus seimbang dalam mengonsumsi sayuran dan lauk pauk yang cocok dipadukan dengan nasi jagung yang dijajakan.

Makanan nasi jagung ini sangat cocok menjadi alternatif untuk penderita diabetes melitus dimana nasi jagung yang dibuat dengan penambahan kedelai sebagai sumber protein dan jagung adalah sumber makanan pokok yang mempunyai kandungan karbohidrat lebih rendah di bandingkan dengan beras sehingga aman untuk penderita penyakit diabetes dan tidak beresiko menaikan kadar gula darah.

Dalam proses pembuatan nasi jagung, jagung yang digunakan untuk membuat nasi jagung adalah jagung pipil merupakan jagung yang sudah tua. Jagung pipil ini mudah di dapatkan di pasaran dan harganya yang terjangkau. Dalam proses pembuatan jagung dikeringkan dan dihancurkan. Lalu jagung dimasak seperti menanak beras.

Kuliner nasi jagung ini biasanya di jajakan dengan sambal korek ataupun sambal terasi sesuai dengan kesukaan, di campur dengan sayuran hijau yaitu sayur adas dan sayur mbayung. Tidak lupa menambahkan peyek ikan asin untuk menambah cita rasa dari nasi jagung tersebut. Satu porsi nasi jagung yang di jajakan dengan piring yang di tata dengan daun pisang sebagai pembungkusnya.

Untuk menikmati kuliner nasi jagung ini di pasaran daerah pasar raya Salatiga, Jawa tengah biasanya hanya merogoh kantong 5k sudah menikmati menu sarapan yang bikin ngiler ini. Dengan menikmati cuaca yang dingin dan melihat suasana pasar di tengah kota yang ramai.

Kuliner ini menjadi primadona di cafe "Waroeng Nggonoeng" daerah Kopeng, Jawa Tengah. Makanan dengan bahan dasar jagung ini disajikan dengan menu yang mennggiurkan yaitu nasgor jagung babat, teri, ayam dan iga.
Cafe yang terletak di kaki gunung Merbabu tersebut dengan menu nasgor jagung yang menggiurkan membuat cafe tersebut menjadi ramai pengunjung yang berdatangan hanya untuk menikmati nasi jagung dan suasana di gunung Merbabu.

Selain harga nasi jagung yang murah dan rasanya yang khas dan nikmat, kandungan serat yang terdapat pada nasi jagung baik dan lebih sehat untuk tubuh. Dengan hal tersebut menjadikan makanan nasi jagung ini sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berbagai gangguan pencernaan dan kuliner tradisional yang menggiurkan di masa modern sekarang ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan