Mohon tunggu...
Wahyu Purnomo
Wahyu Purnomo Mohon Tunggu... Mahasiswa tingkat akhir prodi Sastra Indonesia. nyambi skripsi: kerja!

Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Bola

Bonek Ngamuk: Persebaya Akhirnya Menang!

23 Juni 2019   21:43 Diperbarui: 23 Juni 2019   21:58 41 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bonek Ngamuk: Persebaya Akhirnya Menang!
emosijiwaku.com

Persebaya Surabaya akhirnya meraih poin penuh saat bertandang ke markas Borneo FC (23/6). Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama Persebaya di Liga 1, juga kemenangan pertama setelah memperoleh hasil buruk di enam pertandingan terakhirnya. Pertandingan yang berakhir dengan skor 1-2 ini setidaknya membuat Persebaya sedikit lepas dari tekanan pendukungnya Bonek yang pada pertandingan terakhir sempat merangsek masuk ke lapangan pertandingan karena kesal dengan hasil buruk Persebaya dalam enam laga sebelumnya.


Persebaya Surabaya membuka keunggulannya pada pertandingan ini melalui gol dari Ruben Sanadi di menit 41 memanfaatkan umpan dari Jalilov. Kedua tim sebenarnya saling menampilkan permainan menyerang sejak awal babak pertama. Namun, pertahanan kedua tim pun sama kuatnya sehingga babak pertama pun hanya berakhir dengan skor 0-1 bagi keunggulan Persebaya.


Pada babak kedua pun permainan menjadi lebih berkembang kedua tim masih terus mencoba saling menggempur pertahanan lawannya. Petaka datang bagi Borneo ketika memasuki menit 70. Jalilov yang menguasai bola berhasil mengecoh Diego Michiels dan mengirim umpan silang yang mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Oktavianus Fernando menjadi gol yang memperlebar keunggulan Persebaya menjadi 0-2. 

Tertinggal dua gol para pemain Borneo semakin bersemangat untuk menggempur pertahanan Persebaya. Namun, usaha yang dilakukan oleh para pemain Borneo masih mentok pada pemain belakang Persebaya. Memasuki menit akhir pertandingan Borneo akhirnya mampu memperkecil ketertinggalannya melalui Terens Puhiri di menit 89 yang memanfaatkan kegagalan M. Syaifudin dalam menghalau bola dari pemain Borneo. Sampai peluit akhir dibunyikan kedudukan tidak berubah untuk kemenangan Persebaya Surabaya.


Meskipun berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan kali ini tim pelatih Persebaya sebaiknya tetap melakukan evaluasi terhadap beberapa kelemahan yang bisa dimanfaatkan oleh calon lawan pada pertandingan berikutnya. Salah satu yang harus segera dibenahi oleh jajaran pelatih selain masalah penyelesaian akhir adalah soal fisik pemain. Sebab dalam pertandingan melawan Borneo ini tiga pergantian yang digunakan oleh Persebaya semuanya karena pemain yang cedera juga fisik beberapa pemain yang di menit-menit akhir pertandingan terlihat menurun. Hal ini sebaiknya segera dibenahi oleh jajaran pelatih. Sebab, selain agenda Persebaya yang padat juga kedalaman skuad yang terlihat belum merata menjadi pertimbangannya.


Selain itu, konsentrasi pemain juga menjadi hal yang perlu menjadi evaluasi bagi jajaran pelatih. Dalam pertandingan terakhir melawan Madura sebetulnya pemain sudah menemukan gaya bermain yang menarik hanya saat itu penyelesaian akhir menjadi hal yang belum mampu membuat Persebaya meraih kemenangan. Pada pertandingan kali ini gaya main Persebaya berkembang dan menunjukkan tren positif. Hal ini tentu menjadi pertanda baik bagi Persebaya. Namun, dalam pertandingan kali ini pun karena faktor konsentrasi juga jadwal yang padat bagi Persebaya sehingga pada menit-menit akhir pertandingan terjadi kesalahan yang akhirnya mampu dimanfaatkan oleh lawan untuk mencetak gol. Semoga dalam pertandingan selanjutnya hal-hal teknis yang menghambat segera mendapat solusi yang terbaik sehingga Persebaya mampu menjadi tim yang berbahaya di Liga musim ini.

**

Selebihnya kemenangan ini tentu saja menjadi kabar bahagia bagi seluruh Bonek, pemain dan pelatih juga manajemen Persebaya. Semoga saja dengan kemenangan ini mampu melecut semangat para pemain untuk terus menang dan menjadikan kejadian pada pertandingan melawan Madura sebagai pelajaran. Sebab, tidak ada pendukung yang ingin terus menerus menyaksikan timnya bermain buruk apalagi tidak mampu menang. Terlepas dari tindakan yang dilakukan oleh Bonek kemarin benar atau salah. Namun, percayalah jika yang dilakukan oleh Bonek tempo hari hanya ingin menyampaikan cintanya secara langsung pada tim kebanggaannya yang sedang kesulitan meraih kemenangan.

Sebab cara yang mereka gunakan kemari adalah cara terakhir agar manajemen mau mendengar aspirasi mereka. sebab selama ini protes yang mereka lakukan belum mendapat perhatian secara serius dari pihak manajemen Persebaya. Kedepannya semoga baik Bonek, Pemain, Pelatih, dan Manajemen dapat bersinergi untuk tim Persebaya yang profesional dan berprestasi.

VIDEO PILIHAN