Mohon tunggu...
Wahidatun
Wahidatun Mohon Tunggu... Perawat - Mahasiswa Keperawatan

Mahasiswa Keperawatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2020/2021 Mengadakan Webinar "Siap Menghadapi Covid-19" Bagi Masyarakat

25 Juli 2021   14:05 Diperbarui: 25 Juli 2021   14:37 85 1 0 Mohon Tunggu...

Kota Semarang(18/07) Mahasiswa KKN Tim II UNDIP  2020/2021 domisili Kelurahan Tlogomulyo Kota Semarang menyelenggarakan webinar dengan tema "Siap Menghadapi Covid-19".

Covid-19 berisiko tinggi komplikasi pada beberapa populasi rentan khususnya lansia, individu lemah atau dalam keadaan kronis. Data nasional mengemukakan adanya konfirmasi Covid-19 pada anak berusia 0-18 tahun mencapai 12,5 % yang berarti 1 dari 8 kasus konfirmasi yaitu anak-anak. 

Data IDAI mengemukakan case mortality mencapai 3-5% sebagai tingkat kematian tertinggi di dunia. Dalam hal ini, anak-anak menjadi populasi yang rentan selama pandemi Covid-19 ini. Sehingga diperlukan upaya pendampingan dan pemantauan kesehatan secara komprehensif pada anak untuk dapat bertahan di masa pandemi.

Mahasiswa sebagai salah satu pelaksana tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat sangat diperlukan untuk turut serta berkontribusi menangani masalah yang ada di masyarakat. Upaya kontribusi dapat diwujudkan melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dimana tahun ini Universitas Diponegoro menyelenggarakan KKN Tim II UNDIP tahun akademik 2020/2021 di domisili masing-masing peserta KKN. 

Tema  KKN Tim II UNDIP tahun akademik 2020/2021  yaitu Covid-19 dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang disesuaikan dengan kompetensi masing-masing mahasiswa serta mengikuti program sosial kemasyarakatan lainnya agar tidak menghilangkan nilai kebermanfaatan mahasiswa dalam pembedayaan masyarakat.

Salah satu mahasiswa KKN Tim II UNDIP tahun akademik 2020/2021 domisili Kelurahan Tlogomulyo Kota Semarang menginisiasi program kerja "Srawung Kelompok Rentan Covid-19: Motivasi Menghadapi Pandemi Covid-19 Terhadap Kelompok Rentan". Dengan rangkaian kegiatan meliputi Webinar KKN TIM II UNDIP dengan tema "Siap Menghadapi Covid-19" dan Pembuatan Booklet Edukasi. Webinar dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2021 pukul 09.00-12.00 WIB melalui platform zoom meeting dihadiri oleh 60 peserta dari berbagai latar belakang dan daerah. Pelaksana program KKN Tim II UNDIP tersebut yaitu  mahasiswa Kelurahan Tlogomulyo-Tlogosari Kulon berjumlah lima orang meliputi  Wahidatun Nisai Fauziyati, Salsabila Arwa Sajidah, Idrina Nur Khairunnisa, Ananda Yuan Hasnaa, dan Nursayekti.

Pembuka acara diawali dengan berdoa lalu sambutan yang disampaikan oleh dosen pembimbing KKN yaitu Bapak Ari Wibawa Budi Santosa,S.T.,M.Si. Selanjutnya, sesi pertama diskusi disampaikan oleh Bapak Imam Setyawan,S.Psi,MA selaku dosen psikologi Universitas Diponegoro yang membawakan topik "Membangun Keluarga Tangguh di Masa Pandemi Covid-19". Bapak Imam menyampaikan terkait proses sekolah bagi anak terutama anak yang menjalani Pembelajaran Jarak Jauh sehingga rentan terpapar berbagai produk internet serta bagaimana peran orang tua menyikapi era tatanan kehidupan baru saat ini. Kemudian, dilanjutkan sesi tanya jawab dengan dua orang penanya.

Sesi diskusi kedua materi disampaikan oleh Bapak Dedy Andrianto selaku motivator nasional yang saat ini menjabat sebagai Ketua HIMAPAUDI Provinsi Jawa Tengah dengan topik "Memotivasi Anak untuk Hidup Sehat di Masa Pandemi". Bapak Dedy menyampaikan proses pembelajaran bagi anak dan peran orang tua di masa pandemi Covid-19 meliputi parenting waktunya berbicara berdua, tetap positif, membuat struktur, perilaku yang buruk, tetap tenang dan kelola stres, serta berbicara tentang Covid-19. Kemudian, dilanjutkan sesi tanya jawab dengan dua penanya.

Pada sesi diskusi terakhir materi disampaikan oleh Yuniar Anis Budiharja yang merupakan mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro dengan topik "Tips Menghemat Listrik di Masa Pandemi Covid-19" menyampaikan tentang tips menghemat listrik token, cara menghemat listrik 30% - 50% - 100% dan pertolongan pertama korban tersengat listrik. Webinar ditutup dengan pembacaan pemenang doorprize kepada tiga pemenang.

 Webinar berlagsung selama tiga jam ditutup oleh panitia dengan membagikan booklet edukasi melalui grup peserta. Booklet edukasi berisi 7 topik edukasi yaitu varian Covid-19, Gejala Covid-19, Bahaya Covid-19 pada Anak, Peran Orang Tua untuk Mencegah Anak Tertular Covid-19,  Cegah Penularan Covid-19 pada keluarga melalui Protokol Kesehatan 5M, Tips Mengatasi Stres di Masa Pandemi Covid-19, dan Tips Mengatasi Stres Anak di Masa Pandemi Covid-19.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN