Mohon tunggu...
Wahdaniyah Sekar Rahma
Wahdaniyah Sekar Rahma Mohon Tunggu... Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Media Pembelajaran Dadu dan Kertas Tebakan untuk Siswa Sekolah Dasar

17 Mei 2021   18:09 Diperbarui: 17 Mei 2021   18:25 65 4 1 Mohon Tunggu...

Dadu merupakan salah satu alat yang biasanya digunakan untuk permainan anak anak semacam ular tangga atau sejenisnya, berbentuk kubus untuk menghasilkan angka acak. 

Dadu berbentuk kubus dengan angka yang berbeda di setiap sisinya. Tetapi, dadu juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak-anak sekolah dasar dengan sedikit variasi, misalnya untuk mengenal Nilai Tempat suatu bilangan. 

Nilai tempat adalah nilai suatu angka dalam suatu bilangan tertentu terdiri dari satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya. 

Untuk memperkenalkan Nilai Tempat kepada siswa Sekolah Dasar tingkat rendah dapat menggunakan dadu yang dibuat dari kertas karton berbentuk kubus sebanyak dua buah yang salah satunya mengandung nilai satuan dan yang lainnya mengandung nilai puluhan.

Untuk dadu yang mengandung nilai puluhan mata dadunya berbentuk bulatan sedangkan untuk yang mengandung puluhan berbentuk garis lurus. 

Sistem pembelajarannya yaitu saat salah satu siswa melemparkan kedua dadu tersebut dan muncul mata dadu yang menandakann hasilnya, siswa yang lain berperan untuk mengucapkan hasil tersebut. Misalnya hasil yang muncul pada dadu satu berupa 4 garis yang menandakan angka 4 puluhan dan dadu kedua menunjukkan bulatan 5 yang menandakan 5 satuan, berarti dadu tersebut menghasilkan angka 45. Metode pembelajaran ini diharapkan siswa dapat: 

1) Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya. 2) Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.

dokpri
dokpri
Dan untuk model pembelajaran menggunakan kertas tebakan yaitu dengan menyediakan beberapa gambar benda hidup dan benda tak hidup kemudian digulung dan dimasukkan ke dalam wadah. Benda hidup adalah benda atau organisme yang dapat memenuhi ciri-ciri bergerak, bernafas, makan dan minum, berkembangbiak, tumbuh, dan mengeluarkan zat sisa, sedangkan benda tak hidup adalah benda yang tidak mengandung ciri-ciri makhluk hidup. 

Cara kerjanya yaitu salah satu siswa mengambil satu kertas tanpa memberitahu gambar tersebut kepada teman dan lainnya kemudian memperagakan gerakan yang menggambarkan benda tersebut, sedangkan siswa lainnya menebak benda yang sedang diperagakan dan menyebutkan apakah itu benda hidup atau benda tak hidup.

dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN