Mohon tunggu...
Wafiq Nashiroh
Wafiq Nashiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa

Wafiq Nashiroh Mahasiswa Tadris Biologi UIN Raden Mas Said Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peran Teknologi dan Media Digital dalam Memvisualisasikan Konsep Biologi yang Abstrak

14 Oktober 2025   09:05 Diperbarui: 14 Oktober 2025   09:05 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Biologi adalah ilmu tentang kehidupan, namun ironisnya, banyak konsep terpentingnya tidak terlihat. Mulai dari pergerakan molekul DNA hingga interaksi kompleks di dalam sel, materi pelajaran ini seringkali menjadi tantangan terbesar bagi siswa. Mereka dituntut menghafal berbagai proses yang hanya digambarkan dalam diagram statis dua dimensi. Dalam konteks ini, teknologi dan media digital muncul sebagai jembatan penting, mengubah yang abstrak menjadi visual, dan pembelajaran yang pasif menjadi interaktif, sehingga menghadirkan revolusi dalam cara kita memahami kehidupan.

Salah satu kesulitan utama dalam Biologi adalah kerumitan dalam memahami konsep yang berkaitan dengan berbagai skala, dari tingkat makroskopis (kromosom) hingga mikroskopis (DNA) dan informasi genetik. Bagaimana siswa dapat membayangkan bahwa ribuan protein terlibat dalam proses transkripsi jika yang mereka lihat hanyalah panah pada kertas? Di sinilah visualisasi tiga dimensi (3D) berperan. Animasi dan model interaktif yang dibuat melalui perangkat lunak canggih (seperti yang digunakan dalam studi molekuler) memungkinkan siswa untuk "masuk" ke dalam sel. Mereka dapat memutar molekul, melihat bagaimana enzim berinteraksi dengan substrat, atau menyaksikan siklus Krebs berputar. Sebuah studi menunjukkan bahwa penggunaan media animasi 3D secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa (Raksun et al., 2025). Melihat adalah mempercayai, dan kini, siswa tidak hanya mempercayai, tetapi juga menjelajahi apa yang tidak pernah mereka lihat.

Tantangan lain dalam Biologi adalah memahami proses yang terjadi dalam rentang waktu sangat panjang atau melibatkan ruang yang sangat luas. Konsep ekologi, seperti dinamika populasi atau suksesi ekosistem, melibatkan interaksi selama puluhan hingga ratusan tahun. Simulasi digital memungkinkan siswa untuk mempercepat waktu, mengubah variabel (seperti tingkat predator atau perubahan iklim), dan mengamati konsekuensi ekologis secara real-time. Demikian pula, teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) memungkinkan siswa melakukan "kunjungan lapangan virtual" ke hutan hujan tropis atau terumbu karang tanpa meninggalkan ruang kelas. Pengalaman imersif ini tidak hanya menarik, tetapi juga menumbuhkan empati terhadap isu konservasi, karena mereka merasakan koneksi personal dengan lingkungan yang sedang dipelajari---sebuah aspek penting dalam Biologi Konservasi.

Tentu, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran tidak lepas dari berbagai tantangan. Keberhasilan penerapan media digital sangat bergantung pada tingkat literasi digital pendidik serta ketersediaan perangkat dan infrastruktur pendukung. Penelitian di Indonesia menunjukkan bahwa meskipun minat untuk menggunakan teknologi canggih seperti AR dan VR cukup tinggi, keterbatasan sarana serta kurangnya pelatihan penggunaan masih menjadi kendala utama (Pramesti & Olivia, 2023). Karena itu, investasi tidak seharusnya hanya difokuskan pada pengembangan perangkat lunak yang menarik, tetapi juga pada program pelatihan berkelanjutan bagi guru agar mereka mampu mengintegrasikan teknologi ini secara efektif dalam pembelajaran mengubahnya dari sekadar media hiburan menjadi sarana pendidikan yang transformatif.

Singkatnya, teknologi dan media digital telah memberikan "mata" baru bagi siswa untuk melihat dunia Biologi. Mereka memecah dinding keabstrakan yang selama ini membatasi pemahaman, mengubah siswa dari penerima informasi pasif menjadi penjelajah aktif di dunia mikroskopis dan makroskopis. Dengan investasi yang tepat pada perangkat lunak, pelatihan guru, dan infrastruktur, kita dapat memastikan bahwa generasi mendatang tidak hanya akan hafal tentang kehidupan, tetapi benar-benar memahami dan merayakan kompleksitasnya.

Referensi

Pramesti, A., & Olivia, S. (2023). Virtual reality dan augmented reality dalam arsitektur digital. JoDA - Journal of Digital Architecture, 3(1), 27--36. https://doi.org/10.24167/joda.v3i1.12648 

Raksun, A., Cahyani, A., & Nurfianah, N. (2025). Penggunaan media video animasi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik SMAN 10 Mataram pada materi reproduksi tumbuhan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi (JIPP), 10(2), [halaman jika tersedia, misalnya 150-165]. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3223 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun