Mohon tunggu...
Wafa Razak
Wafa Razak Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi 2018

Universitas Muhammadiyah Malang - Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Ekonomi Pembangunan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PMM UMM 59 Melakukan Sosialisasi E-Commerce

4 Juli 2021   14:00 Diperbarui: 4 Juli 2021   14:31 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 59 Gelombang 8 yang di Koordinatori oleh Rayhan Azam serta Dosen Pembimbing Lapang Chalimatuz Sa'diyah, SE., MM.

Sosialisasi pemasaran online ini adalah salah satu program kerja Mahasiswa PMM UMM 59 di Desa Sananrejo yang bertujuan untuk membantu UMKM di Desa Sananrejo dalam memasarkan produknya lebih luas dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat dengan mudah diakses melalui smartphone.

Kami sedang menjalankan kegiatan Sosialisasi E-Commerce di tengah masa pandemi covid-19 di Desa Sananrejo. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 29 Juni 2021 yang dimulai pada pukul 09.00 WIB -- Selesai, lokasi sosialisasi ini bertempat di Balai Desa Sananrejo. Sosialisasi ini diikuti oleh ibu-ibu PKK Desa Sananrejo dan juga anggota PMM UMM Kelompok 59. Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap dapat memberikan manfaat kepada warga Desa Sananrejo untuk menstabilkan ekonomi di tengah masa pandemi covid-19 ini.
 

dokpri
dokpri
Penerapan penjualan secara online ini merupakan inovasi terhadap UMKM yang ada di Desa Sananrejo, karena terkait pemasaran UMKM yang ada di desa belum mencakup luas sehingga hanya di pasarkan di desa sendiri.

Sehingga, kami dari PMM-UMM Kelompok 59 membantu masyarakat desa untuk memperluas dalam memasarkan UMKM dan membuat inovasi agar dapat meningkatkan harga dan tersebar di media sosial dalam negeri maupun luar negeri. Sosialisasi yang kami lakukan, sangat membantu warga yang memiliki UMKM untuk kelanjutan usahanya. Selain dapat memperluas sistem pemasarannya, penjualan secara online ditengah masa pandemi covid-19 ini juga dapat menghambat penyebaran covid karena sistem dalam pembelian dan pembayaran juga dilakukan secara online dan tidak bertatap muka.

Semakin tahun, perkembangan penjualan online terus meningkat karena banyak sekali orang yang berlomba-lomba memasarkan produk mereka dengan penjualan online. Karena dengan seiring berjalannya waktu, setiap orang pasti mengenal internet dan dapat lebih mudah menjangkau. Di era globalisasi yang terjadi pada saat ini masyarakat dituntut untuk menguasai teknologi agar tetap dapat mengikuti perkembangan jaman. Pemanfaatan teknologi yang semakin pesat tidak hanya di gunakan sebagai sarana bertukar informasi tetapi juga mulai digunakan untuk kepentingan bisnis. Melalui pemasaran online, pelaku usaha lebih mudah memasarkan produknya dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

whatsapp-image-2021-07-01-at-23-51-21-60e15aed06310e275c754552.jpeg
whatsapp-image-2021-07-01-at-23-51-21-60e15aed06310e275c754552.jpeg
Sosialisasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam hal memahami penggunaan aplikasi yang dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk yang telah dihasilkan. Dalam kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Mahasisawa PMM UMM Kelompok 59 ini membahas antara lain pembuatan akun media pemasaran online melalui facebook, instagram dan tokopedia serta strategi-strategi yang dapat digunakan dalam pemasaran produk secara online.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun