Mohon tunggu...
Veronika Gultom
Veronika Gultom Mohon Tunggu... Programmer/IT Consultant - https://vrgultom.wordpress.com

IT - Data Modeler; Financial Planner

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Maju Bersama Kompasiana

31 Oktober 2019   16:10 Diperbarui: 31 Oktober 2019   16:12 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
webdesignerdepot.com

Awal saya mulai senang menulis, adalah ketika saya menjadi volunteer membuat sebuah website yang pada akhirnya saya kategorikan sebagai sebuah media komunikasi. Template website sudah dibuat, namun tidak ada yang mengisi. 

Saya kontak orang-orang yang saya harapkan untuk mengisi dengan tulisan-tulisan, namun tetap saja hampir tidak ada tulisan yang masuk. 

Karena tidak rela hasil kerja saya tidak berguna, maka saya beranikan diri untuk menulis dengan berbagi pengalaman-pengalaman hidup sesuai target pembaca yang saya harapkan. Eh dari situ ternyata saya mulai merasakan...berbagi lewat menulis itu asyik. Sesuatu yang kecil buat kita, bisa jadi penyemangat dan inspirasi buat orang lain. 

Ketika websitenya akhirnya ditutup karena tidak ada waktu untuk mengelola, sayapun mulai menyibukan diri dengan pekerjaan saya. Di pekerjaan saya mulai membuat dokumentasi system menurut cara saya sendiri. Pekerjaan saya adalah di bidang IT, yang melakukan tugas design system dan implementasi. Sering sekali saya kesulitan mencari dokumentasi yang jelas ketika harus bergabung dalam sebuah project yang sudah berjalan.

Rupanya dokumentasi system yang saya buat cukup disukai karena dianggap cukup jelas dan mempermudah orang yang baru saja bergabung ditengah-tengah project berjalan. Ini membuat saya bersemangat lagi untuk menulis.

Karena saya juga tergolong orang yang malas mengingat sesuatu, akhirnya saya membuat blog pribadi sebagai tempat saya menuliskan pengetahuan-pengetahuan yang saya dapat dari pengalaman bekerja. 

Blog pribadi ini saya buat di wordpress dalam bahasa Inggris teknik. Teknik, maksudnya bahasa teknik yang hanya dimengerti oleh kelompok orang yang sealiran dengan saya. Tulisan-tulisan saya ini juga saya harapkan untuk berbagi ilmu. Hasilnya cukup bagus untuk saya, lumayan kadang dapat job dari orang-orang yang berkunjung ke blog saya. 

Seiring waktu, saya mulai belajar untuk tidak selalu menggunakan bahasa teknik, karena user/pengguna jasa saya bukanlah orang-orang teknik. Maka saya mulai berusaha menulis dalam bahasa awam, masih di blog pribadi saya yang berbahasa Inggris, tetap berkaitan dengan profesi saya.

Sampai akhirnya saya baru sadar kalau di kompas.com ada platform blog juga yaitu kompasiana.com yang rasa cocok untuk saya, yaitu kompasiana #beyondblogging yang mengusung semangat berbagi dan saling terhubung. Ini yang saya cari. Bisa nulis dengan pembaca dari berbagai kalangan. Tantangannya harus bisa menulis dalam bahasa yang bisa masuk ke semua lapisan.  

Ternyata akun saya di Kompas sudah terdaftar sejak 2015 namun saya baru memberanikan diri memposting tulisan dua tahun yang lalu. Postingan pertama...tidak ada yang protes, tidak ada polisi yang datang ke rumah untuk menangkap saya he...he...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun