Mohon tunggu...
Vlomaya
Vlomaya Mohon Tunggu... Foto/Videografer - VLOMAYA (Komunitas vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya)

VLOMAYA (Vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya), bagi mereka yang suka menulis, yang suka membuat vlog atau video untuk berbagi. Berbagi apa saja, yang penting bermanfaat. Tagline: 'explore your (local) culture.' Ayo gabung bersama kami di wa group kami. Silakan kirim wa ke: 085313141496 atau email kami di: vloggerkompasiana@gmail.com See you guys .... ;)

Selanjutnya

Tutup

Event Komunitas Online Artikel Utama

Meditasi Itu Menyehatkan, Siapa yang Belum Pernah Melakukannya?

4 November 2021   09:06 Diperbarui: 5 November 2021   14:54 472 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Meditasi Vlomaya (Dokumentasi Vlomaya)

Meditasi, merupakan kegiatan yang dilakukan tanpa perlu mengeluarkan banyak aktivitas, gerakan, peralatan, hingga biaya. Tetapi memiliki manfaat yang luar biasa. 

Bahkan meditasi ala zen, ketika seorang newbie menanyakan bagaimana cara melakukan meditasi yang benar. Jawaban praktisi meditasi zen hanya menjawabnya dengan singkat, "You only need to sit and remain silent (kamu hanya perlu duduk dan tetap diam saja)." 

Potongan percakapan ini bisa dilihat di acara TV NHK Jepang yang bertajukkan tentang 'Meditasi ZEN.' 

Hanya dengan duduk dan diam saja sejenak, Anda sudah dapat memperoleh manfaat yang luar biasa. Betapa bermanfaatnya kegiatan meditasi ini ya.

Beberapa manfaat dari meditasi yang dikutip dari berbagai sumber menyebutkan bahwa setidak-tidaknya terdapat 7 (tujuh) manfaat dari meditasi yang akan diperoleh bila rutin melakukannya. Ketujuh manfaat tersebut adalah:

Pertama, meditasi dapat mencegah dan meringankan stres, depresi dan bahkan kecemasan (bahasa kerennya adalah anxiety). 

Stres, depresi dan kecemasan sudah terbukti merupakan salah satu sumber penyakit bila dibiarkan atau bila tidak dikendalikan dengan baik.

Kedua, meditasi dapat mengendalikan emosi. Emosi yang berkaitan erat dengan kemarahan ini, bila dikendalikan dengan baik, dapat menjadi 'pembakar' tubuh kita. Karena energi negatif ini dapat menjadi sumber penyakit bila dibiarkan tanpa kendali sehingga bertumpuk-tumpuk di dalam tubuh.

Ketiga, meditasi dapat meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh. Dari pandemi covid-19 ini kita banyak belajar tentang manfaat imunitas tubuh dan bagaimana upaya-upaya meningkatkan imunitas yang kita punya. 

Menjaga sikap berbahagia dan berpikiran positif adalah salah satu caranya dan meditasi dapat menyediakan asupan itu. Meditasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir positif kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Event Komunitas Online Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan