Mohon tunggu...
Vlomaya
Vlomaya Mohon Tunggu... Foto/Videografer - VLOMAYA (Komunitas vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya)

VLOMAYA (Vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya), bagi mereka yang suka menulis, yang suka membuat vlog atau video untuk berbagi. Berbagi apa saja, yang penting bermanfaat. Tagline: 'explore your (local) culture.' Ayo gabung bersama kami di wa group kami. Silakan kirim wa ke: 085313141496 atau email kami di: vloggerkompasiana@gmail.com See you guys .... ;)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kalangan Senior Usia 50+ Semangat Mau Menulis

14 September 2021   10:49 Diperbarui: 14 September 2021   11:41 80 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelatihan menulis untuk usia 50+ (dok: komunitas 50plus)

Dari acara yang diadakan oleh komunitas 50plus dan komunitas Vlomaya ini, satu kata yang pantas terucap, yaitu "wow." Karena, kegiatan pelatihan 'MENULIS DI USIA 50+, WHY NOT...?!' warbiasah pesertanya melebihi perkiraan sebelumnya. Dari perkiraan yang gabung sekitar 25-30 orang saja, ternyata pada hari H, peserta mencapai 65 orang. Pertemuan yang dilaksanakan melalui zoom meeting ini langsung terasa hangatnya karena kehadiran para peserta yang sangat antusias mengikuti mulai dari awal hingga akhir pelatihan.

Itu dari jumlah peserta. Belum lagi bila melihat domisili tempat tinggal peserta, makin terasa kemeriahan acara itu. Dari informasi yang dimunculkan di layar zoom (peserta diminta untuk menulis identitas zoomnya dengan nama_kota tempat tinggal), para peserta pelatihan yang sangat bersemangat ini, berasal dari wilayah yang beragam. Bapak ibu peserta ini diantaranya berasal dari (dalam dan luar negeri): Jakarta, Bogor, Bekasi, Magelang, Makassar, Ciamis, Semarang, Bandung, Cibubur, Yogya, Lampung, Depok, Sydney (Australia), Melbourne  (Australia) dan Toronto (Canada). Seru ya!

Dari segi materi, pemaparan Ketua dan Founder Komunitas 50plus, Jim Mintarja, cukup membakar semangat para peserta pelatihan untuk semakin bersemangat menapaki dan menikmati usia seniornya, salah satunya dengan makin rajin menulis - bagi yang telah menulis dan mau mulai menulis - bagi yang belum pernah menulis (demikian beberapa kesan yang muncul dari peserta, baik melalui chat box maupun melalui wa). Pak Jim sendiri, sejauh ini telah menerbitkan dua buah buku, yaitu: 'Kiat Banting Setir Dari Karyawan Menjadi Pebisnis' dan 'True Life Begins at 50+: Kiat siap pensiun yang indah '.

Sementara Ketua Vlomaya, kang Bugi, memaparkan bagaimana menulis itu fun (menyenangkan) dan sangat baik bagi para kaum senior. Turut dipaparkan pula teknik-teknik menulis secara sederhana tetapi sudah langsung dapat dipraktikkan (mengingat waktu pelatihan yang cukup singkat). 

Diantaranya tentang: Mengapa perlu menulis? Bagaimana mulai menulis? Dimana kalau mau menulis (menggunakan media apa saja untuk dapat menulis)? Apa saja yang bisa ditulis? Serta beberapa tips dalam menulis. Intinya, tinggal memantik inner-self, yaitu yang ada di diri kita seperti  kemauan untuk (mulai) menulis, karena cara maupun teknik menulis sudah diberikan, tinggal dilaksanakan dan dikembangkan. Kang Bugi saat menjawab pertanyaan terkait pemuatan tulisan online, sebagai seorang yang juga berlatar belakang Kompasianer, menjelaskan secara singkat, bagaimana menulis di Kompasiana - yang sangat mudah asal mengikuti petunjuk yang diberikan, dan dapat pula dijadikan wahana untuk memuat tulisan-tulisan kita - mengikuti kategori tulisan yang telah ada di Kompasiana. 

Baik pak Jim maupun kang Bugi menekankan pula pentingnya menulis serta bagaimana menulis itu dapat menjadi sebuah legacy atau warisan bagi keturunan maupun generasi selanjutnya. Ah, betapa indahnya dan menyenangkannya ya menulis.

Dalam kesempatan inipun, Komunitas 50+ berusaha untuk menampung keinginan bapak ibu peserta yang ingin melanjutkan kemampuannya dengan cara menerbitkan sebuah buku. Terkait dengan hal ini, akan dilakukan pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Banyak dari para peserta yang rupanya langsung mempraktikkan apa yang didapatnya dari pelatihan pada saat itu dengan mulai menulis secara singkat dan sederhana. Mereka mengirimkan buah tulisannya melalui whatsapp untuk diberi masukkan. Sebagian mengatakan akan mulai menulis di facebook dan sebagian mengatakan akan menyimpannya saja dulu, biar banyak katanya.

Apapun yang ditulis dan dimanapun akan ditulis nantinya, yang pasti tujuan dari pelatihan kemarin ini sudah memenuhi targetnya yaitu memecahkan 'telur' untuk menulis. Selebihnya telur itu ingin diceplok, ingin didadar, ingin diolah menjadi kue dan lain sebagainya adalah pilihan bapak ibu sekalian. Kami hanya bisa menyuarakan: AYO MENULIS.

Sebagai tambahan informasi, karena banyak permintaan agar pelatihan menulis tidak diadakan pada hari Minggu saja - banyak yang ingin ikut tapi berhalangan, maka, akan diadakan kembali pelatihan serupa pada hari Sabtu, tanggal 18 September 2021, pk. 9.00 wib - 11.30 wib. Peserta yang kemarin sudah mengikuti, bila ingin mengikuti lagi, sangat-sangat dibolehkan. Info lebih lanjut dan pendaftaran, silakan hubungi (WA): 0816 782 514. 

Semoga bermanfaat yaaaa 

Salam Vlomaya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan