Mohon tunggu...
Vivian Kurniawan
Vivian Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Kristen Petra

Mahasiswa Universitas Kristen Petra Jurusan Desain Interior

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Yuk Intip 5 Rumah Eco-Friendly yang Unik Ini!

29 November 2021   13:15 Diperbarui: 29 November 2021   13:50 92 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Desain sebuah rumah adalah salah satu hal yang selalu kita perhatikan pertama kali saat melihat sebuah rumah.  Kata 'Eco-Friendly' sudah sering kita dengar, tidak hanya dengan menggunakan panel tata surya sebuah rumah bisa dikatakan 'Eco-Friendly'. 

Rumah Eco-Friendly adalah rumah ramah lingkungan yang dirancang untuk memiliki dampak buruk yang sangat kecil bagi planet kita. Rumah ini biasanya hemat energi, dan menggunakan bahan alami.

Yuk kita lihat bagaimana cara rumah-rumah dibawah ini menerapkan konsep Eco-Friendly pada tempat tinggal mereka!

Sumber: guzarchitects.com
Sumber: guzarchitects.com

1. The Meera Sky Garden House, Singapore

The 'Meera Sky Garden House' oleh Guz Architects ini berlokasi di Pulau Sentosa. Rumah dengan empat lantai ini mencoba untuk beriinteraksi dengan alam semaksimal mungkin dengan adanya taman disetiap lantainya. 

Hunian ini didesain dengan void ukuran besar ditengah-tengahnya sehingga memaksimalkan adanya ventilasi silang dan mengurangi bergantungnya ventilasi menggunakan pendingin udara. 

Taman yang ada pada setiap lantai memiliki fungsi untuk menyediakan tempat teduh untuk lantai dibawahnya dan mengurangi overheating di iklim tropikal Singapur untuk menambah kualitas hidup. 

Area rumput yang besar menyerap panas jauh lebih sedikit dari bahan atap konvensional dan menghasilkan penyimpanan panas yang lebih sedikit, dan menyebabkan penggunaan pendingin udara berkurang.

Sumber: archdaily.com
Sumber: archdaily.com
Sumber: archdaily.com
Sumber: archdaily.com
2. House Under Shadows, Haryana, India

House Under Shadows adalah eksperimen dalam menciptakan hunian yang ramah lingkungan, memfokuskan pada desain sustainable, dan juga bermanfaat bagi flora dan fauna di daerah tersebut. Hunian ini berlokasi di kota historikal Karnal, Haryana, India dan didesain oleh Zero Energy Design (ZED) Lab dengan luas 1672-sq.m. 

Rumah ini adalah joint-family home dan terbagi menjadi dua untuk keluarga kakak-adik dengan desain keduanya menjadi replika dari satu sama lain. 

Kedua rumah memiliki privasi tersendiri namun tetap terhubung dengan satu sama lain dengan pintu masuk yang sama dan . Halaman di kedua rumah memiliki infinity pool, dengan fungsi untuk menyejukkan udara dan menciptakan mikro-iklim tersendiri dalam area tersebut.

Sumber: architecturaldigest.in
Sumber: architecturaldigest.in
Sumber: architecturaldigest.in
Sumber: architecturaldigest.in

3. The Coconut Wood House, Goa, India 

The Coconut Wood House adalah rumah yang didesain oleh seorang Arsitektur Ini Chatterji yang berlokasi di Carona Village, Goa, India. Kayu kelapa mendominasi dalam struktur dan juga furniture rumah ini. Ini Chatterji mendesain rumah ini menggunakan kayu kelapa setelah berhasil membangun rumahnya sendiri dengan kayu kelapa. 

Struktur bangunan dari hunian ini memudahkan cahaya dan udara untuk masuk sehingga meminimalkan penggunaan pendingin udara. Minimalnya dinding pada bangunan ini membuat ruangan didalmnya mejadi lebih luas dan terbuka dengan pemandangan diluarnya. 

Penggunaan cat sangat terbatas untuk memempertahankan esensi 'earthy' dan 'close to nature', batu bata juga sama ssekali tidak digunakan pada bangunan ini.


Sumber: archdaily.com
Sumber: archdaily.com
Sumber: archdaily.com
Sumber: archdaily.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan