Mohon tunggu...
vivi
vivi Mohon Tunggu... peduli pada kesehatan, cara hidup sehat dan berbagi tips

bekerja sebagai branding, marketing dan business development

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Anak

22 Februari 2020   11:02 Diperbarui: 6 Juli 2020   13:17 272 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Memilih Makanan Sehat untuk Anak
https://pixabay.com/images/id-2659208/

Mengkonsumsi berbagai makanan sehat akan memberi nutrisi pertumbuhan, perkembangan, dan pembelajaran bagi anak Anda. Mempelajari dan mengetahui jenis makanan yang baik sejak usia dini akan membantu anak Anda mengembangkan kebiasaan hidup yang sehat.

Apa itu makanan sehat?

Makanan sehat mencakup berbagai jenis makanan segar dari empat kelompok makanan - sayuran dan buah, produk biji-bijian, susu dan daging.

Setiap kelompok makanan memberikan nutrisi yang berbeda. Itu sebabnya kita perlu makan berbagai makanan dari semua kelompok makanan.

Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah membantu melindungi tubuh anak Anda dari segala jenis penyakit. Ini karena sayuran dan buah menyediakan energi, vitamin, antioksidan, serat dan air. Anak-anak berusia 4-8 tahun harus makan setidaknya lima porsi sayuran dan buah setiap hari. Untuk kesehatan yang baik, tawarkan setidaknya satu sayuran hijau tua dan satu jeruk ke anak Anda setiap hari. 

Dorong anak Anda untuk mencoba jumlah kecil, tetapi jangan marah jika mereka menolaknya. Mereka akan mencobanya jika Anda tetap menawarkan berbagai sayuran dan buah dari waktu ke waktu. Memilih sayuran dan buah yang berwarna berbeda adalah cara yang bagus untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang baik.

Produk biji-bijian

Biji-bijian memberi anak Anda energi yang dibutuhkannya untuk tumbuh, berkembang, dan belajar. Makanan ini termasuk sereal gandum, roti, nasi, pasta dan mie. Makanan bertepung seperti pasta dan roti gandum akan memberi anak Anda energi yang tahan lama.

Susu dan turunannya

Susu, keju, dan yogurt kaya protein, kalsium dan vitamin D, yang membantu membangun tulang dan gigi yang kuat.

Untuk mendapatkan kalsium yang cukup, anak-anak berusia:

* 4-8 tahun membutuhkan dua porsi sehari

* 9-13 tahun membutuhkan 3-4 porsi sehari

Satu porsi susu dapat berupa satu cangkir susu, 50 g keju, atau 175 g (3/4 gelas) yogurt.

Daging dan ikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x