Mohon tunggu...
Vitto AdrenaMaska
Vitto AdrenaMaska Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Univertsitas Katholik Parahyangan Jurusan Administrasi PUblik

Semoga apa yang saya sampaikan dapat menghibur kalian semua para pembaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Berpikir Kritis, Menggunakan Logika, dan Berbahasa sebagai Warga Negara

9 April 2022   12:41 Diperbarui: 9 April 2022   12:43 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di perkuliahan bulan kemarin saya diberitahukan oleh dosen saya untuk mengikuti gladi agar mendapatkan sertifikat gladi tersebut, lalu saya diberitahukan mengenai list atau jadwal untuk hari hari gladi yang bisa siswa siswi ikuti, kemudian saya memilih glasi hominisasi pada tanggal 3 april atau lebih tepatnya pada hari pertama dilaksanakannya bulan suci Ramadhan. Perkiraan saya gladi ini hanya akan mengikuti kegiatan seminar dan tidak aka nada tugas tugas yang saya piker merepotkn pada saat itu, ternyata saya salah karena setelah mengisi daftar untuk gladi hominisasi saya diberikan tugas berupa menjawab beberapa pertanyaan mengenai generasi muda Indonesia, dan menyimak lagu Inonesia raya 3 stanza yang setelah saya menjawab beberapa pertanyaan dan menyimak lagu tersebut saya mendapatkan beberapa pencerahan seperti saya mengetahui makna dari lagu tersebut cukup dalam.

Kemudian pada hari gladi hominisasi tersebut dimulai saya berekspektasi akan membosankan karena saya berpikir ini hanya akan seperti mengikuti sebuah seminar, lagi dan lagi saya salah karena ketika mengikuti gladi hominisasi tersebut saya dibeerikan materi materi yang tentang Bahasa lalu saya diberikan pertanyaan pertanyaan yang baru saya dengar sehingga saya dapat menemukan pengetahuan baru. Bagian yang paling saya sukai adalah ketika kita hendak bermain games yaitu mengisi sebuah kuis yang mungkin semua orang akan terkejut ketika mengisi kuis tersebut, karena isi dari kuis tersebut adalah pengetahuan pengetahuan umum yang orang sebelumnya pasti tidak akan tahu tentang ini atau mungkin hanya akan sedikit orang saja yang akan mengetahui isi dari kuis tersebut. dan di acara terakhir saya berssama kelompok yang sudah diberikan oleh panitia untuk berdiskusi dan berlomba untuk beradu ke menarikan dan kecerdasan dalam berpresentasi kemudian presentasi tiap kelompok dinilai oleh panitia, walaupun disini kelompok saya gugur dan tidak dapat melaju ke babak berikutnya akan tetapi saya bersyukur karena saya dapat memetika beberapa pembelajaran seperti sebagai warga negara kita harus atau sangat penting berbahasa karena Bahasa Indonesia akan terancam karena masuknya budaya asing ke Indonesia yang menyebabkan bahaasa Indonesia terkadang oleh masyarakatnya di campur campur, bahkan di papua beberapa Bahasa di daerah mereka terancam hilang sehingga kita harus menggunakan logika kita untuk berpikir kedepan dan mempertanyakan apa yang terjadi kedepannya bila kita terus terusan berperilaku seperti itu.

Kemudian manfaat lainnya adalah saya dapat pembelajaran baru yang berharga karena sebelumnya saya tidak mengetahui tentang hal tersebut, seperti butet manurung yaitu seorang aktivis wanita yang patut di banggakan oleh warga negara Indonesia akan tetapi namanya kurang dikatahui oleh orang banyak terlebih lagi oleh generasi muda Indonesia, kemudian manfaat lainnya yang dapat saya dapatkan adalah kita harus berpikir kritis dalam berkehidupan bermasyarkat seperti yang saya catat di gladi ini yaitu 3 metode bersikap kritis yang pertama knowing, kedua understanding, ketiga innovating. Dan dalam berkehidupan bermasyarakat juga kita harus menggunakan logika ketika hendak bertindak. Kemampuan terakhir yang saya dapatkan dalam gladi hominisasi ini adalah ketika kita hendak berpresentasi kita tidak hanya dinilai dari materinya saja akan teteapi kita dinilai dari berbagai aspek seperti gerak gerik presenter, penampilan presenter, gaya bicara atau nada presenter, dan keunikan dari penyampaian presentasi tersebut contohnya kita dapat presentasi dengan menggunakan sebuah drama dan hal tersebut tidak saya pikirkan sebelumnya,

oleh karena itu saya bersyukur dapat mengikuti gladi ini dan saya sangat berterima kasih kepada panitia beserta unpar dan tidak luput kepada para pembimbing gladihominisasi ini, terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun