Mohon tunggu...
Visca
Visca Mohon Tunggu... Lulusan arsitektur Universitas Indonesia, yang walaupun sudah tak berprofesi arsitek, tetap selalu suka menikmati segala bentuk arsitektur. Pernah tinggal di Maroko, Belanda, Thailand, dan tentunya Indonesia.

Traveler. Baker. Crafter.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Kremna Rezina, Kue Serba Tujuh

29 November 2019   08:56 Diperbarui: 29 November 2019   21:33 0 4 1 Mohon Tunggu...
Kremna Rezina, Kue Serba Tujuh
Menikmati Kremna Rezina di Lake Bled. Sumber: Dokpri

Ada pepatah, cara terbaik untuk menaklukan hati seorang pria (dan juga hati wanita-ini tambahan dari saya ya) melalui perutnya. Kata-kata bijak biasanya beralasan, yang pasti saya setuju dengan pepatah ini. 

Makanan memang memegang posisi penting. Hal yang paling mendasar, makanan pastinya untuk bertahan hidup. Apalagi kalau makanannya enak. Rela melakukan apa saja untuk mendapatkannya. 

Mulai dari antri berjam-jam, rela membayar mahal, juga rela menempuh jarak ribuan kilometer untuk dapat mencicipinya.

Kremna Rezina (atau juga disebut Kremnita oleh penduduk setempat) adalah salah satu contohnya. Kue ini dapat ditemukan di Negara Slovenia. Lebih persisnya lagi, di daerah Lake Bled. 

Kue ini tergolong dalam kategori cream cake, yaitu jenis kue yang diisi, atau dilapis, atau ditutup dengan krim. Nah, mulai terbayang kan enaknya kue ini.

Menikmati Kremna Rezina di Lake Bled. Sumber: Dokpri
Menikmati Kremna Rezina di Lake Bled. Sumber: Dokpri
Kremna Rezina bukan sembarang kue. Kue ini punya sejarah yang panjang dan juga segudang atribut bergengsi. Dari segi sejarah, kue ini lahir pada tahun 1953. Jenis kue seperti ini dikenal sebelumnya pada jaman Kekaisaran Austria-Hungaria sejak abad ke-18.

Negara-negara yang dulu menjadi bagian dari Kekaisaran ini, seperti Austria, Hongaria, Czech Republik, Slovakia, Slovenia, Bosnia, Kroasia and sebagian dari Polandia, Romania, Italia, Ukraina, Moldova, Serbia dan Montenegro, memiliki versi cream cake masing-masing.

Namun tidak ada yang dapat menandingi ketenaran cream cake Lake Bled. Adalah seorang pastry chef yang bernama Istvan Lukacevic yang membawa kue jenis ini dari Serbia ke Slovenia. 

Sebagai chef yang bekerja di Park Hotel, yang berlokasi di Lake Bled, ia membuat resep versinya untuk kue ini. Kue versinya ini disukai oleh penduduk setempat, dan kabar lezatnya dengan cepat beredar.

Selama 66 tahun sejak pertama kali diciptakan, setiap Kremna Rezina yang diproduksi di Park Hotel sampai sekarang, selalu mengikuti resep aslinya. Tidak ada yang diubah. Kue dibuat secara tradisional di Park Hotel.

Bahan yang digunakan sederhana, seperti telur, tepung, whipped cream, susu, gula dan mentega. Namun, bahan-bahan tersebut dipastikan kualitasnya. Cara membuatnya pun tak sembarangan, sangat presisi. Mulai dari pengaturan temperatur, takaran sampai ukuran kuenya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN