Mohon tunggu...
Mauraqsha
Mauraqsha Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pelaku Wisata

Alam Rumahku

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Saling Menyalahkan Antar Generasi

17 November 2021   21:52 Diperbarui: 17 November 2021   22:10 129 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Credit Photo : Gerd Altmann (pixabay.com)

Pada setiap berita yang mengatakan bahwa masalah lalu lah yang mengakibatkan masalah yang terjadi di masa kini mungkin sudah biasa terdengar, namun akankah kita selalu menyalahkan satu generasi sebelumnya terus menerus ketika masalah yang sama akan timbul dimasa yang akan datang ?.

Mulai dari permasalahan krisis keuangan hingga bencana alam yang disebabkan oleh generasi terdahulu selalu dijadikan pertahanan satu generasi terhadap generasi sebelumnya.

Sepertinya tak indah terlihat bila salah satu akibat dari itu semua adalah masalah yang ditinggalkan sebagai warisan terdahulu, walaupun benar adanya akan tetapi bukanlah sesuatu yang baru untuk diketahui dimana publik bisa saja sudah mengetahuinya sejak dulu pula.

Generasi terdahulu juga menyaksikan ketika masalah lama itu terjadi yang kemudian menanamkan harapan kepada pemimpin generasi yang akan datang dapat membenahinya.

Kecenderungan untuk menyalahkan generasi sebelumnya memang terjadi di hampir semua lini kehidupan dan dijadikan sebagai benteng kinerja genereasi yang tengah memegang kendali.

Pada setiap pergantian pos atau jabatan kita selalu mendengar kata-kata dan harapan bahwa para pejabat baru akan membawa perbaikan dan memajukan kinerja dimasa datang.

Kata perbaikan sebenarnya sudah mengisyaratkan adanya masalah di masa lalu yang harus diperbaiki sehingga pejabat baru sebenarnya sudah memiliki pekerjaan rumah saat hari pertama menjabat.

Saat kita memegang sebuah pekerjaan atau tanggung jawab, kita sebenarnya  sudah dapat mengidentifikasi seberapa parah masalah yang tengah dihadapi saat hari pertama memimpin rapat dengan para pejabat lainnya dan sudah memiliki rencana kerja dan tekad untuk membawa keluar dari masalah tersebut.

Publik pun menaruh harapan dikala dahulu kita semua juga menjadi pemirsa yang disugguhkan dengan masalah-masalah yang terjadi di masa lalu sehingga penyelesaian masalah di masa lalu lah yang diharapkan oleh publik bukan mengungkit kembali masalah yang publik sudah sering mendengar dan bahkan mengetahuinya.

Pandemi memang membawa dampak luar biasa pada semua lini kehidupan sehingga masalah pun bertambah dan menggunung dengan masalah masa lalu yang belum diselesaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan