Mohon tunggu...
Virgie Stephanie
Virgie Stephanie Mohon Tunggu... Penulis - Kalo

Mudaku bukan halangan bagiku untuk banyak karya-karya di duniaku

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Podcast sebagai Media Belajar Digital Mahasiswa Masa Kini

20 Mei 2022   14:30 Diperbarui: 20 Mei 2022   14:59 60 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kehidupan global semakin lama, semakin berkembang pesat. Nyatanya kehidupan sosial  manusia semakin lama mengalami perubahan yang sangat berkembang dari perubahan sebelumnya. Salah satunya adalah generasi masa kini yaitu mahasiswa. Pada umumnya kehidupan generasi masa kini berbeda dengan generasi masa dulu. Kehidupan generasi masa kini lebih banyak dipenagaruhi dengan digital mulai dari sosialisasi, pendidikan,dan sebagainya. 

Mungkin kehidupan milenial yang dipengaruhi dengan teknologi dapat memiliki dampak negatif kedepannya.  Namun sebelum dampak negatifnya alangkah lebih baik melihat ke arah dampak positifnya terlebih dahulu karena teknologi sendiri dapat mengeksplorasi dan mengembangkan pengetahuan milenial lebih luas lagi.

Generasi masa kini  sangat cepat tangkap, Cerdas, dan cepat mendapat informasi dengan beberapa perangkat internet. generasi ini  bisa dikatakan sebagai generasi "fun" yang tentu sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Berbicara tentang teknologi, generasi saat ini memilki cara yang sangat berbeda-beda dalam proses pembelajarannya salah satunya mahasiswa.

Apa Saja Media Belajar Digital Mahasiswa ? 

Berbicara mengenai perkembangan digital, pasti tidak luput dengan perkembangan teknologi. Dimana saat ini  teknologi berperan aktif dalam aktifitas kehidupan manusia khususnya pelajar. Di era yang berkembang pesat saat ini banyak sekali media pembelajaran yang beragam. Informasi dan pengetahuan sangat mudah didapatkan oleh pelajar khususnya mahasiswa. 

Semakin banyaknya  media pembelajaran, kebanyakan mahasiswa menjadikan kolaborasi dengan manusia lain semakin luas. Berbicara mengenai mahasiswa masa kini, banyak sekali media pembelajaran digital yang dijadikan sumber  informatif bagi mereka. 

Salah satunya  podcast, media pembelajaran satu ini terbilang unik karena mahasiswa dapat lebih efisien dapat mendengarkan informasi dan pengetahuan yang mereka ingin dipelajari. 

Mengapa Harus Podcast ?

Podcast sendiri merupakan siaran yang mirip dengan radio yang dimana topik dan penyampaiannya agak berbeda dengan radio, dimana dalam podcast ini  terdapat berbagai macam informasi dari beberapa siaran yang berbeda sesuai dengan temanya yang bisa dapat didengarkan hanya  lewat smartphone pribadi. 

Biasanya  mahasiswa sekarang ini menjadikan podcastsebagai media pembelajaran yang sangat efisien karena mereka dapat menentukan topik apa yang ingin mereka dengarkan dan trend apa yang lagi sering dibahas. Bukan hanya  itu podcast sendiri juga bukan hanya dijadikan media belajar yang informatif dalam lingkup mahasiswa melainkan dapat dijadikan pengembangan diri bagi mereka. 

Podcast Media Belajar Pengembangan Diri 

Dalam podcast  sendiri  berbagai informasi mudah didapatkan karena pada dasarnya banyak orang berlomba-lomba untuk membuat podcast dengan sangat kreatif dan informatif. Hal ini tampak juga dari banyaknya penyiar di podcast kebanyakan seorang mahasiswa yang kreatif dan informatif karena semakin banyaknya aplikasi yang menyediakan layanan untuk penyiar atau podcast, 

Oleh karena itu penyiar dikalangan mahasiswa cukup banyak. Bisa dibilang podcast ini  melatih pengembangan diri mereka dalam segi  public speaking. Kebanyakan mahasiswa yang mendengarkan podcast bukan hanya sekedar mendapatkan informasi melainkan belajar mendengarkan gaya bahasa penyampaiannya. 

Podcast Media Belajar Mendapatkan Cuan

Selain berperan sebagai  pengembangan diri, media belajar yang satu ini bukan sekedar mendapatkan informasi saja, melainkan cara mendapatkan cuan melalui pengembangan diri yang mereka dapatkan dan cara berinvestasi yang baik. Oleh karena itulah, media belajar yang didapatkan dari podcastbukan informasi semata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan