Mohon tunggu...
vira fauziahrahman
vira fauziahrahman Mohon Tunggu... Lainnya - universitas islam negeri sunan ampel

nyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah

13 Mei 2024   13:43 Diperbarui: 13 Mei 2024   14:02 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kepemimpinan merupakan salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia, yaitu menyuruh orang lain melakukan pekerjaannya, menjaga semangat kerja, dan memotivasi bawahan Kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi kinerja organisasi khususnya pada lembaga pendidikan karena  merupakan kegiatan utama dalam mencapai tujuan organisasi
 Kepemimpinan juga merupakan suatu proses mempengaruhi,  mempengaruhi cara berpikir para pengikut tentang peristiwa, memilih tujuan kelompok atau organisasi, mengatur aktivitas kerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dan memelihara hubungan kerjasama dan kerjasama tim, sehingga menghasilkan dukungan dan kerja sama dari orang-orang di luar kelompok
 Organisasi Kesepakatan Pentingnya Karakteristik Masih belum adanya pemahaman di kalangan pakar pendidikan dan pemangku kepentingan tentang pentingnya  sumber daya manusia  dalam  dunia manajemen
 Beberapa ahli sepakat bahwa kepemimpinan merupakan unsur penting dalam kehidupan organisasi dan tujuan mempraktikkan kepemimpinan adalah untuk mengatasi segala hambatan
 Kelompok ini cenderung menafsirkan kepemimpinan sebagai seperangkat kualitas pribadi yang teridentifikasi dengan jelas dan tepat (seperti visi, kecerdasan, karisma, keuletan,  dan inovasi) yang tidak dimiliki kebanyakan orang
 Di sisi lain, kelompok lain berpendapat bahwa kepemimpinan dapat dipahami sebagai fenomena relasional dan bukan sebagai seperangkat kualitas individu
 Pemimpin adalah pemimpin yang baik ketika tindakannya tepat, konsisten dengan persepsi  pihak lain mengenai kepemimpinan yang baik, dan ketika pihak lain  bersedia mengakui mereka sebagai pemimpin
 Ketika seseorang ditinggalkan oleh bawahannya, maka ia kehilangan kedudukannya sebagai pemimpin
 Berdasarkan hal tersebut, penting untuk memahami tidak hanya aspek kepemimpinan,  tetapi juga orang-orang yang dipimpin (followership), mengapa mereka ingin dipimpin dan dalam situasi apa mereka siap dipimpin
 Selain itu, ada pula yang berpendapat bahwa kepemimpinan bukanlah realitas obyektif, melainkan konsep sosial dan psikologis khayalan (keadaan pikiran)
 Mereka menyatakan bahwa "pemimpin tidak dilahirkan atau dikembangkan, mereka hanya diciptakan"
 Proses mengidentifikasi seseorang sebagai pemimpin yang efektif hanya terjadi pada saat atau setelah orang tersebut menunjukkan  perilaku tertentu yang dikenal sebagai perilaku mirip pemimpin
 Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah mengintegrasikan unsur-unsur sekolah ke dalam konteks lingkungan budaya, yang merupakan prasyarat terciptanya sekolah yang efektif
 Peran adalah perilaku yang diatur dan diharapkan dari seseorang yang menduduki jabatan tertentu
 Oleh karena itu, diperlukan sikap bertanggung jawab dan profesional dalam mengambil peran tersebut,peran kepala sekolah sebagai pendidik adalah menciptakan budaya belajar mengajar yang bermanfaat
 Peran seorang pemimpin menentukan di mana dan akan seperti apa organisasi yang dipimpinnya Dengan hadirnya seorang pemimpin, suatu organisasi  menjadi suatu kesatuan yang memiliki kekuatan untuk berkembang dan berkembang Begitu pula dengan kepala sekolah sebagai pimpinan lembaga pendidikan formal, mempunyai peranan yang sangat penting dalam penguatan sumber daya manusia dan peningkatan mutu Padahal, pekerjaan seorang kepala sekolah merupakan pekerjaan  yang menuntut keterampilan khusus
 Kepala sekolah bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan dengan mengembangkan karakter dan sumber daya batin manusia Oleh karena itu, kepala sekolah adalah  pemimpin pendidikan yang merencanakan, mengatur, mengkoordinasikan, memantau dan menyelesaikan seluruh kegiatan pendidikan di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran Kepala sekolah mempunyai tujuan peran sebagai pendidik, manajer, penasihat, pengawas, pemimpin, inovator, dan motivator.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun