Mohon tunggu...
Vira MahdiyaZahra
Vira MahdiyaZahra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

suka jalan-jalan dan makan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Rumah Adat Cikondang, Warisan Budaya Benda yang Berumur Ratusan Tahun

17 Agustus 2022   09:33 Diperbarui: 17 Agustus 2022   09:39 293 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Lamajang yang terletak di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat menyimpan kekayaan berupa warisan budaya benda yang sudah berumur ratusan tahun. Warisan budaya benda tersebut berupa Rumah Adat Cikondang. 

Peninggalan sejarah ini sudah ada sejak 3,5 abad yang lalu ketika Indonesia masih ada dalam masa kependudukan Belanda. Ratusan tahun yang lalu kampung adat yang ada di Cikondang sempat terbakar si jago merah sehingga melenyapkan banyak bangunan fisik di kampung ini. Ketika seluruh kampung terbakar, ada satu rumah yang tetap berdiri kokoh dan menjadi peninggalan bersejarah yang masih ada hingga saat ini.

Rumah ini disebut dengan Bumi Adat dan masyarakat lebih familiar dengan nama Rumah Adat Cikondang. Rumah adat ini merupakan cagar budaya yang memiliki potensi besar untuk menjadi wisata budaya yang sustainable di era kehidupan yang modern. 

Hal tersebut karena Rumah Adat Cikondang sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun luar daerah untuk ziarah dan melakukan penelitian.

Dokpri
Dokpri

Rumah Adat Cikondang memiliki filosofi yang melekat pada bangunan fisiknya. Rumah adat ini hanya memiliki satu pintu yang terletak di depan rumah, filosofinya adalah semua yang hidup akan kembali kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Lima (5) buah jendela yang memiliki arti filosofis bahwa umat islam memiliki pegangan hidup berupa rukun islam yang berjumlah 5. Pada masing-masing jendela terdapat Sembilan (9) pembatas yang menutupinya, memiliki arti filosofis ada 9 wali yang menyebarkan agama islam di tanah Jawa yang Bernama Walisongo (Sembilan Wali).

Dokpri
Dokpri

Keunikan lain yang ada di rumah adat ini adalah adanya peraturan yang harus ditaati untuk setiap pengunjung yang akan masuk ke Rumah Adat Cikondang. 

Peraturan tersebut adalah pengunjung perempuan harus dalam keadaan suci (tidak sedang datang bulan), pengunjung dengan agama selain islam tidak diperbolehkan untuk masuk ke rumah adat. Bagi pengunjung beragama selain islam diperbolehkan mengeksplorasi Rumah Adat Cikondang di halaman sekitar rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan