Mohon tunggu...
bayuviqidarmawan
bayuviqidarmawan Mohon Tunggu... PERAWAT

KKN 32 UM JEBER

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

KKN kelompok 32 Desa Jelbuk UM Jember 2020

15 Februari 2020   11:15 Diperbarui: 15 Februari 2020   11:21 1 0 0 Mohon Tunggu...
KKN kelompok 32 Desa Jelbuk UM Jember 2020
dokpri

Program Penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) Mahasiswa KKN Kelompok 32 Universitas Muhammadiyah Jember Berikan Penyuluhan Kesehatan.

Rabu 05 Februari 2020, Desa Jelbuk Mahasiswa KKN kelompok 32 Universitas Muhammadiyah Jember telah melaksanakan program kegiatan penyuluhan kesehatan berupa PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) dengan menerapkan cuci tangan di SD Negeri 01 Jelbuk Desa  Jeluk Kecamatan Jelbuk. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan siswi SD Negeri 01 Jelbuk yang berjumlah 40 anak. Adapun kegiatan tersebut di wakili oleh makasiswa KKN  kelompok 32 Universitas Muhammadiyah Jember. Kegiatan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) bertemakan tentang bagaimana berperilaku sehat dengan menerapkan cuci tangan 6 langkah dengan benar.

Siswa-siswi sangat antusias untuk mengkuti kegiatan yang telah di selenggarakan oleh mahasiswa KKN 32."Pada kegiatan ini banyak sekali manfaat yang dapat didapat oleh siswa-siswi seperti mereka mulai mengetahui bagaimana cara cuci tangan yang benar, dan hal ini dapat membersihkan kotoran dan kuman yang tertinggal di tangan, mencegah beberapa penyakit seperti diare,thypoid, kolera, infeksi cacing, serta infeksi kulit." Terang Bayu Viqi selaku kordinator  kegiatan penyuluhan PHBS.

Dikutip dari Lutfi Amin Kordes Kelompok KKN 32 "Pada kegiatan penyuluhan PHBS cuci tangan ini mahasiswa KKN 32 sampai di sekolah pukul 08:30 WIB. Kegiatan penyuluhan dilakukan kurang lebih 1 jam 15 menit. Adapun peralatan yang diperlukan adalah haindsenitaizer pengganti sabun serta ada beberapa hadiah guna menarik pehatian siswa-siswi. Selanjutnya mahasiswa KKN kelompok 32 Universitas Muhammadiyah Jember memberi contoh kepada siswa-siswi SDN Jelbuk 01 tentang cuci tangan 6 langkah dan memberikan sedikit materi terkait perilaku hidup bersih dan sehat".

dokpri
dokpri
Kegiatan ini berlangsung secara sistematis dan lancar. Guna menarik perhatian siswa-siswi mahasiswa KKN 32 mempraktekkan cuci tangan 6 langkah diiringi dengan lagu sehingga siswa-siswi sangat antusias untuk mengikuti langkah-langkah cuci tangan yang diajarkan oleh mahasiswa KKN 32. Setelah diajarkan cucitangan 6 langkah siswa-siswi di beri pertanyaan terkait cara cuci tangan serta bebera pamateri yang telah di jelaskan oleh mahasiswa KKN 32 dan akan diberi hadiah bagi siswa-siswi yang mampu menjawab pertanyaan dan mampu meragakan gerakan PHBS.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x