Mohon tunggu...
Viola Zesica Sari
Viola Zesica Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Student of Library Science Study Program, State University of Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UM Sukses Kerjasama dengan TBM At-Taqwa Malang

1 Desember 2022   10:43 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:46 312
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1 Mahasiswa saat melakukan penandatanganan MoU bersama Ketua Rw

Mahasiswa dari offering KA angkatan 2021 Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang melakukan kerjasama dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) At-Taqwa Malang yang berlokasi di Jl. Danau  Paniai Terusan I No.15, Madyopuro, Kedungkandang, Kota Malang. Kolaborasi yang dilakukan oleh mahasiswa dengan pihak TBM merupakan bentuk pengaplikasian materi pembelajaran terkait kerjasama yang meliputi: 1) tahap pengusulan, penjajakan dan penelaahan; 2) tahap legalisasi; 3) tahap pengembangan; 4) tahap pelaksanaan, monitoring dan evaluasi.

Kelompok dibawah bimbingan Dosen Ilmu Perpustakaan UM, Inawati, S.I.P., M.M. yang beranggotakan tujuh mahasiswa yaitu Adi Pratama Herwandi; Diva Yasmine Izzatun N.; Elshinta Gita Nuraini; Kharisma Priyata A.; Maryam Ignatia Latifha; dan Viola Zesica Sari ini melakukan kerjasama dengan TBM At-Taqwa Malang dalam rangka pemenuhan tugas akhir mata kuliah Kerjasama dan Jaringan Informasi. Bidang kerjasama yang disepakati berdasarkan pada permasalahan yang terdapat di TBM At-Taqwa Malang yaitu berkaitan dengan pengolahan koleksinya, yang mana dengan adanya kerjasama ini diharapkan menjadi solusi yang tepat.

Kerjasama pengolahan koleksi ini meliputi kegiatan klasifikasi, katalogisasi, dan shelving. Kegiatan pengolahan koleksi dilaksanakan selama empat hari di bulan November 2022 yakni pada tanggal 18, 19, 23 dan 24. Dimulai dari pengklasifikasian koleksi yang belum mendapatkan kode klasifikasi, memasukkan data koleksi dalam katalog buku, mencetak label, penempelan label pada punggung buku, dan penataan buku pada rak sehingga siap dipinjam. Mahasiswa berhasil merampungkan dengan tepat waktu pengolahan koleksi sejumlah kurang lebih 700 eksemplar meskipun bersamaan dengan kepadatan aktivitas belajar di kampus.

Gambar 2 Mahasiswa saat melakukan klasifikasi dan pencatatan koleksi untuk pembuatan katalog buku
Gambar 2 Mahasiswa saat melakukan klasifikasi dan pencatatan koleksi untuk pembuatan katalog buku

Tidak hanya berkutat pada pengolahan koleksinya, mahasiswa juga melakukan kerjasama dengan memberikan sumbangsih ide kepada TBM AT-Taqwa Malang yakni dengan diadakannya kegiatan peningkatan literasi yang sukses dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 November 2022 dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB sampai 10.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah anak usia kurang dari 10 tahun dimana beberapa diantaranya didampingi oleh orang tua.

Gambar 3 Kegiatan peningkatan literasi yang diadakan mahasiswa bersama anak-anak lingkungan sekitar Masjid At-Taqwa Malang
Gambar 3 Kegiatan peningkatan literasi yang diadakan mahasiswa bersama anak-anak lingkungan sekitar Masjid At-Taqwa Malang

Kegiatan peningkatan literasi diawali dengan bernyanyi bersama, menonton film kartun yang mengedukasi, bermain menempel puzzle, dilanjutkan sesi foto bersama, pembagian snack, dan terakhir penutupan acara yang sekaligus dijadikan kesempatan oleh mahasiswa untuk mempromosikan keberadaan TBM AT-Taqwa Malang kepada anak-anak masyarakat sekitar. Mahasiswa menginformasikan bahwasanya TBM AT-Taqwa Malang menyediakan beraneka ragam koleksi yang dapat dipinjam oleh seluruh masyarakat dari berbagai kalangan.

Mahasiswa mendapatkan feedback yang baik atas kegiatan kerjasama yang dilakukan. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Ibu Agus selaku pengurus TBM At-Taqwa, “Kami sebagai warga yang memanfaatkan fasilitas buku di TBM merasa terbantu. Karena kita disini kan buta managemen sehingga dengan adanya adik-adik disini, dengan adanya pengklasifikasian buku, penataan buku dan sebagainya menambah wawasan kami juga.” (Malang, 26/11/2022).

Ibu Agus juga menyampaikan tanggapan masyarakat terkait kegiatan peningkatan literasi yang diadakan, "Kegiatan yang diadakan oleh adik-adik, alhamdulillah ditanggapi dengan positif oleh wali anak-anak. Dengan adanya perpustakaan semacam itu mereka tidak terpacu dengan gadget nya.". Beliau juga mengharapkan kedepannya kerjasama semacam ini bisa tetap terjalin dan terus ada komunikasi untuk sharing-sharing pengetahuan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Bapak Hari Sucipto selaku Ketua Rw kepada mahasiswa yang sudah berkenan melakukan kerjasama dengan TBM. Sama halnya dengan Ibu Agus, Beliau mengharapkan mahasiswa untuk sesekali berkunjung ke TBM meskipun program kerjasama telah selesai dilaksanakan. Mahasiswa pun mengucapkan banyak terima kasih pula atas antusias pihak TBM At-Taqwa Malang dan masyarakat sekitar sehingga seluruh rangkaian kegiatan kerjasama yang dirancang dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun