Mohon tunggu...
Viola Wahyuni
Viola Wahyuni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Semua butuh proses

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Itu Perkembangan Identitas Gender PAUD?

30 September 2021   07:53 Diperbarui: 30 September 2021   08:06 215 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Adorasi dalam doa mengingatkan kita akan identitas dan kecendrungan tuhan. Ketika kita mendaftar atribut-atributnya, mengangkat karakter dan kepribadiannya, kita memperkuat pemahaman kita tentang siapa dia-Bill Hybels

Apa sih yang dimaksud gender?

Gender merupakan ciri-ciri peran dan tanggung jawab yang dibebankan pada perempuan dan laki-laki, yang ditentukan secara sosial dan bukan berasal dari pemberian tuhan dan kodrat.

Konsep gender adalah hasil kontruksi sosial yang diciptakan oleh manusia yang sifatnya tidak tetap. Berubah-ubah serta dapat dialihkan dan dipertukarkan menurut waktu, tempat dan budaya setempat dari satu jenis kelamin kepada jenis kelamin lainnya.

Konsep gender juga termasuk karakteristik atau ciri-ciri laki-laki dan perempuan yang diciptakan oleh keluarga dan atau masyarakat. Yang dipengaruhi oleh  budaya dan interpretasi agama. Misalnya, secara umum, pekerjaan memasak,mengurus anak, mencuci selalu disebutkan hanya sebagai pekerjaan perempuan. Pandangan seperti ini merupakan ciptaan masyarakat dari budaya tertentu. Padahal pekerjaan tersebut dapat juga dipertukarkan dengan laki-laki atau dapat dikerjakan oleh laki-laki. Namun pandangan ini bisa saja dari satu budaya dengan budaya yang lain.

Bentuk-bentuk ketidakadilan gender

  • Kekerasan terhadap perempuan dan anak

Tidak kekerasan baik secara fisik, psikis, ekonomi maupun seksual yang dilakukan oleh jenis kelamin terntentu kepada jenis kelamin lainnya.

  • Beban ganda

Mendapatkan beban lebih besar dari apa yang bisa dilakukannya dibandingkan dengan jenis kelamin lainnya.

  • Stereotipe

Pemberian citra baku atau cap kepada sesorang atau kelompok yang didasarkan pada anggapan yang salah

  • Marjinalisasi

Proses peminggiran peran akibat jenis kelamin yang membatasi untuk memperoleh akses, kayanan, eksistensi, kebijakan dan juga paryisipasi dikehidupannya sosialnya.

  • Subordinasi

Sikap merendahkan posisi atau status sosial salah satu jenis kelamin atau gende.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan