Mohon tunggu...
Vinka Kristy Andriani
Vinka Kristy Andriani Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik'18

menulis adalah hobiku.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Line Today dan Teknologi AiRS dalam Mencegah Berita Hoax

24 Oktober 2020   11:11 Diperbarui: 24 Oktober 2020   16:58 674 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Line Today dan Teknologi AiRS dalam Mencegah Berita Hoax
sumber: today.line.me

Pada era digital, kita dihadapkan dengan penggunaan internet yang semakin canggih. Masyarakat biasanya menggunakan internet untuk mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan.

Pada tahun 2020, masyarakat Indonesia yang berusia 16 hingga 64 tahun menggunakan internet dalam sehari rata-ratanya mencapai 7 jam 59 menit atau hampir selama 8 jam. Mayoritas pengguna internet di Indonesia yang mencari informasi melalui ponselnya ialah sebanyak 171 juta atau 98% dari pengguna internet di Indonesia.

Tempat mencari informasi yang dilakukan oleh masyarakat pun sangat beragam, seperti pada portal berita online ataupun melalui media sosial. News aggregator merupakan salah satu tempat untuk mengumpulkan konten berita yang didapatkan dari berbagai portal berita online. Salah satu news aggregator yang kerap kali digunakan oleh masyarakat Indonesia ialah Line Today. Line Today merupakan salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi media sosial LINE. 

Sejarah Hadirnya Line Today

Sumber: blackxperience.com
Sumber: blackxperience.com

Menurut Sondakh, et. Al. (2017) pada awalnya, LINE digunakan sebagai media sosial yang menghubungkan pengguna satu dengan pengguna lainnya. Pada tahun 2016, LINE mulai meluncurkan fitur yang memudahkan masyarakat dalam mencari suatu informasi atau berita, yaitu Line Today. 

Line Today menghadirkan berbagai konten berita maupun informasi yang sedang ramai diperbicarakan. Line Today sebagai tempat pengumpulan konten berita atau informasi diambil dari berbagai media online yang sangat beragam. 

Pada tahun 2018, Line Today resmi memiliki aplikasi terpisah yang dapat di unduh di iOS dan Android. Terdapat berbagai macam jenis berita yang dapat dibaca oleh pengguna, yaitu berita entertainment, olahraga, teknologi, dan ilmu pengetahuan alam. Namun, apabila pengguna ingin memberikan komentar pada artikel yang sudah dibaca, pengguna harus memiliki akun ID Line. 

Line Today menjadi salah satu news aggregator berita yang banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia. Dari data yang ditemukan hingga pada bulan Oktober 2019, para pengguna Line Today menghabiskan waktu untuk menikmati konten yang ada pada aplikasi tersebut ialah selama 27 menit 13 detik. 

Line Today dan Berita Hoax

Sumber: kominfo.go.id
Sumber: kominfo.go.id

Arti ‘hoax’ merupakan suatu kabar, informasi, berita palsu atau bohong. Berita palsu atau hoax mulai muncul sejak pemilihan presiden tahun 2014 yang mana adanya krisis kepercayaan pada media mainstream. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x