Mohon tunggu...
Vindy
Vindy Mohon Tunggu... mahasiswa

saya merupakan mahasiswa universitas sumatera utara.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Peran Penting Media Mapping dan Monitoring di Industri Telekomunikasi

12 Oktober 2025   22:17 Diperbarui: 12 Oktober 2025   22:17 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, sektor telekomunikasi berperan menjadi fondasi peradaban modern. Jutaan orang mempergunakan layanan komunikasi setiap hari untuk bersosialisasi, bekerja, belajar, serta bertransaksi. Di situasi ini, reputasi dan citra perusahaan telekomunikasi dipengaruhi bagaimana perusahaan tersebut beroperasi di mata publik dan dilihat masyarakat umum, di samping kualitas jaringan dan biaya paket data. Media mapping serta monitoring ialah dua metode paling strategis untuk menjaga dan mengelola hal ini.

Media mapping dapat dianalogikan dengan peta jalan strategi komunikasi. Perusahaan mengidentifikasi pemain utama media, seperti media cetak, televisi, radio, serta digital, yang relevan dengan isu-isu telekomunikasi melalui proses pemetaan ini. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan outlet media yang paling memberi pengaruh, jurnalis yang sering meliput teknologi dan digitalisasi, serta saluran yang paling efektif dalam menjangkau publik.

Perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih kuat serta strategis dengan media dengan memahami peta ini. Dengan membangun hubungan positif dengan jurnalis, editor, dan mitra media, perusahaan dapat mengoptimalkan komunikasi publik, memastikan pesannya tersampaikan secara akurat, serta mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahpahaman.

Namun, pemetaan saja tidak akan memadai tanpa pemantauan berkelanjutan. Di konteks ini, media monitoring sangatlah penting. Perusahaan mampu memantau setiap berita baru, artikel opini, atau wacana publik yang berkaitan dengan merek mereka melalui media monitoring.

Satu keluhan pelanggan di media sosial dapat dengan cepat menjadi viral dan memengaruhi citra perusahaan secara global, terutama di industri yang sensitif terhadap layanan dan kepuasan pelanggan seperti telekomunikasi. Perusahaan dapat segera dan tepat menangani insiden semacam itu sebelum berkembang menjadi krisis reputasi dengan menerapkan monitoring aktif untuk mendeteksinya sejak dini.

Selain itu, media monitoring membantu perusahaan memahami dinamika opini publik. Misalnya, respons publik terhadap program CSR perusahaan, pengumuman inovasi baru, atau gangguan jaringan di wilayah tertentu akan terungkap melalui hasil monitoring. Dengan memanfaatkan data ini, tim komunikasi dapat mengevaluasi efektivitas strategi mereka dan mengidentifikasi pendekatan yang kurang berhasil.

Hasil media mapping serta monitoring tidak hanya menguntungkan tim komunikasi, tetapi juga menyediakan sumber data penting bagi manajemen untuk dipergunakan pada pengambilan keputusan strategis. Manajemen dapat memahami posisi kompetitif perusahaan dibanding dengan para pesaingnya, tren kebijakan industri, serta bahkan mengevaluasi potensi risiko komunikasi di masa mendatang dengan menganalisis tren media dan sentimen publik. Dengan kata lain, kedua aktivitas ini berfungsi sebagai sistem intelijen yang memperkuat arah kebijakan perusahaan, bukan hanya untuk tujuan publikasi.

Pentingnya media mapping dan monitoring semakin meningkat di sektor telekomunikasi, di mana kecepatan dan kepercayaan merupakan faktor krusial. Kedua proses ini membantu perusahaan menjaga hubungan baik dengan publik, tetap responsif terhadap isu-isu, dan tetap peka terhadap dinamika publik. Di sisi lain, kedua proses ini memperlihatkan komitmen perusahaan terhadap transparansi, akuntabilitas, serta komunikasi timbal balik dengan publik.

Akhirnya, media mapping dan monitoring bukan sekedar instrumen pelengkap dalam strategi komunikasi perusahaan. Keduanya adalah fondasi yang menjamin bahwasannya setiap pesan, kebijakan, dan keputusan strategis yang diterapkan perusahaan dikomunikasikan secara koheren, konsisten, dan bermanfaat bagi reputasi jangka panjangnya. Perusahaan yang mampu menafsirkan serta merespons media secara cerdas akan terus dipercaya dan relevan oleh publik di era transparansi informasi saat ini.

Kelompok 4 INDOSAT

Vindy Syahirah Adeliesta NIM 230904029

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun