Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia, Indosat ooredoo Hutchison (IOH) terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan digital terbaik hingga ke pelosok negeri. melalui berbagai inisiatif dan ekspansi jaringan. IOH kini menjangkau seluruh wilayah Sumatera, menjadikannya salah satu kawasan strategis dalam penguatan konektivitas nasional.Â
Di bawah koordinasi IOH Circle Sumatera, perusahaan mengelola berbagai kegiatan komunikasi, promosi, hingga program sosial di tingkat regional. Fokusnya bukan hanya membangun jaringan 4G dan memperluas layanan digital, tetapi juga memperkuat hubungan dengan masyarakat dan media di daerah.Â
Sebagai garda terdepan komunikasidi wilayah barat Indonesia. IOH Circle Sumatera memiliki peran penting dalam memastikan pesan dan reputasi perusahaan tetap konsisten di tengah masyarakat yang semakin aktif secara digital.Â
Langkah strategis untuk mencapai hal tersebut diwujudkan melalui penerapan media mapping dan media monitoring yang merupakan dua pendekatan penting dalam membangun komunikasi korporat yang efektif, terukur, dan adaptif terhadap dinamika media lokal.
Dalam dunia komunikasi korporat, media memiliki peran vital sebagai jembatan antara perusahaan dan publik. Di sinilah konsep media mapping dan media monitoring menjadi fondasi strategi komunikasi yang solid.Â
Media mapping berfungsi untuk memetakan media berdasarkan jangkauan, pengaruh, dan relevansinya dengan target audiens. dengan pemetaan yang jelas, perusahaan dapat menentukan media mana yang paling efektif untuk menyampaikan pesan tertentu. Sementara itu, media monitoring memungkinkan perusahaan untuk memantau bagaimana mereka diberitakan oleh media, sekaligus menilai persepsi dan sentimen publik terhadap brand.
Bagi Indosat Ooredo Hutchison, kedua hal ini bukan sekadar aktivitas administratif, melainkan strategi komunikasi yang berbasis data dan analisis mendalam. "melalui monitoring dan mapping, kami bisa tahu bagaimana publik menilai Indosat, topik apa yang paling menarik perhatian, dan media mana yang paling efektif untuk menyampaikan pesan kami, " ujar Gledy Simanjuntak, AVP Communications Circle Sumatera IOH.
Selain pemetaan, IOH juga menjalankan aktivitas media monitoring secara rutin untuk memantau seberapa besar eksposur yang diterima perusahaan dan bagaimana tone pemberitaannya di media.Â
Sepanjang periode Januari hingga Agustus 2025, tercatat lebih dari 4.807 artikel pemberitaan yang menyoroti aktivitas dan inisiatif Indosat Ooredo Hutchison Circle Sumatera. Puncak pemberitaan terjadi pasa bulan Juli dan Agustus 2025, seiring meningkatnya kegiatan publik, peluncuran program digital, dan kegiatan sosial yang diinisiasi oleh IOH di berbagai daerah.Â
Hasil monitoring menunjukkan bahwa sebagian besar pemberitaan bernada positif dan netral, menandakan kepercayaan publik yang tinggi terhadap perusahaan. Tone positif banyak muncul pada isu-isu terkait inovasi teknologi, ekspansi jaringan, serta kegiatan sosial perusahaan.Â
"media monitoring membuat kami bisa melihat seberapa kuat pesan kami tersampaikan dan bagaimana persepsi publik terbentuk kalau ada pemberitaan negatif, kami bisa tanggapi cepat dan akurat," jelas Gledy.