Mohon tunggu...
Vinda Ayu Pratiwi
Vinda Ayu Pratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI Kampus Serang

hobby membaca buku, berenang, menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peranan Perpustakaan terhadap Pendidikan dan Minat Baca Siswa/i SDN Kelapa Dua Serang

10 Agustus 2022   15:08 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:41 61 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Serang-Banten, Pada bulan Juli mahasiswa semester 6 Kampus UPI di Serang yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dibagi beberapa kelompok besar. Dari kelompok besar, dibagi lagi kedalam kelompok kecil yang masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang. 

Kelompok kecil saya melaksanakan KKN di SDN Kelapa Dua Serang. Yang beralamatkan Jl. KH. Sulaeman, Kagungan, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42114.

Seperti yang sudah kita ketahui, hampir dua tahun Indonesia mengalami masa yang kritis yaitu adanya pandemi Covid-19. 

Sejak awal pertama virus Corona memasuki Indonesia, sudah lebih dari 5,5 juta kasus yang melanda Tanah Air. Sebenarnya, sulit untuk memastikan kapan virus Covid-19 yang mulanya beredar di Wuhan, China, masuk ke Indonesia. Maka dari semenjak itulah, selama pandemi siswa SD, SMP, SMA maupun Mahasiswa harus belajar dari rumah.

Peralihan proses pembelajaran dari rumah yang belum pernah terjadi sebelumnya berdampak luar biasa terhadap peserta didik, orang tua, dan guru di seluruh negeri ini. Keadaan ini sekaligus mengungkap jurang pendidikan antar daerah dan latar sosial-ekonomi di Indonesia.

Dari permasalahan diatas maka kelompok kecil kami mengambil tema Tersedia Taman Bacaan Masyarakat atau Perpustakaan. 

Ada beberapa program kerja yang saya lakukan bersama rekan kelompok saya di SDN Kelapa Dua, yaitu diantaranya Pemberdayaan perpustakaan, program literasi, program midi mading, program kelas baca dan program latihan upacara.

Untuk Program kerja yang saya pegang yaitu pemberdayaan perpustakaan, program mini mading, kelas baca dan latihan Upacara. 

Untuk program literasi di lakukan oleh masing-masing wali kelas dari kelas 1-6.  Program kelas baca dilaksanakan ketika sudah mendapatkan data dari masing-masing wali kelas, yang belum bisa membaca maupun dalam membacanya masih kurang dari kegiatan literasi tersebut.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan