Mohon tunggu...
Liong Vincent Christian
Liong Vincent Christian Mohon Tunggu... https://www.facebook.com/Bulirberas-by-Liong-Vincent-Christian-304840243568837

Lahir 20 Mei 1985 Suka menulis tulisan bertema sosial politik dan psikologi. Juga membuat kalimat Bergambar yang diberi label Bulirberas

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Dugaan Adanya Usaha untuk Memaksa Pengusaha Membangkutkan Usahanya

21 Oktober 2020   22:52 Diperbarui: 23 Oktober 2020   01:40 330 2 0 Mohon Tunggu...

Dugaan Adanya Usaha untuk Memaksa Pengusaha Lokal Membangkutkan Usahanya

Oleh: Liong Vincent Christian

19 Oktober 2020

Tulisan ini pertamakali disebarluaskan di facebook vincentcliong@gmail.com pada 19 Oktober 2020

PENDAHULUAN

Sejarah ditentukan oleh mereka yang ada di arena ("History belongs to those who are in the Arena." Quote dari Teddy Rosevelt). Untuk melihat suatu masalah secara menyeluruh sehingga bisa ditemukan solusinya, diperlukan sebanyak mungkin pendapat berdasarkan berbagai sudutpandang yang berbeda atau berlawan dari mereka  yang ada di dalam arena. 

Diharapkan dengan sudut pandang yang lengkap (banyak versi) dari tiap peran yang ada di arena dapat ditemukan suatu penyelesaian masalah yang lebih sederhana dan bersifat final menyelesaikan semua permasalahan. Tetapi yang terjadi justru perdebatan itu lebih banyak tidak berujung pada solusi, kecuali kalau yang dikedepankan adalah diskusi, bukan sudut pandang yang berlawanan.

Di beberapa waktu terakhir ini yang dipermasalahkan adalah soal UU Cipta Kerja dan Omnibuslaw. Ada suatu usaha yang teramat besar agar kepentingan yang boleh diperhatikan hanya kepentingan buruh, segalasesuatu kepentingan pihak lain yang ada di arena harus dikorbankan dan wajib menanggung resikonya. 

Karena sisi buruh sudah terlalu banyak yang pendapat, sisi pemerintah cenderung tidak mau memperkeruh masalah, dan sisi pengusaha sudah sampai pada titik putus harapan. 

Maka dalam tulisan ini saya cenderung berpihak kepada sudutpandang pengusaha lokal. Untuk sudutpandang buruh sudah ada banyak tulisan di luar sana sehingga saya tidak perlu membahasnya lagi. Pembaca tinggal membandingan satu sudutpandang dengan sudutpandang yang lain. 

KONDISI SHOCK DAN PUTUS ASA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN